Dinas Jasmani Angkatan Darat Sosialisasikan Perubahan Garjas di Kodam Jaya

SIDIKPOST| Kodam Jaya – Jakarta. Dinas Jasmani TNI AD (Disjasad) memberikan sosialiasi perubahan materi dan penilaian Kesegaran Jasmani (Garjas) kepada ratusan Prajurit TNI AD dari Kodam Jaya dan Balakpus TNI AD wilayah Gartap 1/Jakarta, di Lapangan Jayakarta Kodam Jaya, Jalan Mayjen Sutoyo No.5, Jakarta Timur, Kamis (7/2/19).

Advertisements

Disjasad, sebagai pembina fungsi jasmani tingkat Angkatan Darat, dalam sosialisasi ini juga sekaligus mengumpulkan sampel kekuatan Garjas Prajurit sesuai kategori umur yang berpedoman pada Surat Telegram Kasad No.ST/32/2019 tanggal 7 Januari 2019 tentang Pengambilan Sampel Data Penyusunan Norma Nilai Alat Tes Garjas.

Menurut Ketua Tim dari Disjasad, Kolonel Inf Bambang Siswanto, pengambilan sampel seperti materi lunges, standing broad jump, vertical jump, shuttle run, sit up dan squat jump, harus dilaksanakan 2 kali dalam 2 hari pada orang yang sama. “Sampel yang didapat akan dilaporkan ke Mabesad untuk penyempurnaan tabel standarisasi nilai Garjas,” kata Kolonel Inf Bambang Siswanto.

Bambang juga mengungkapkan, upaya yang dilakukan TNI AD memperbaharui materi Garjas bertujuan untuk membina kemampuan prajurit sesuai kategori umur dan dalam rangka pembinaan satuan. “Dengan penyempurnaan tes kesegaran jasmani ini, dapat diketahui sejauh mana tingkat kesegaran jasmani prajurit sesuai dengan kategori usia yang bersangkutan, sehingga bisa diajukan sebagai bahan evaluasi bagi pembinaan Prajurit maupun satuan,” jelas Bambang yang didampingi stafnya, Letkol Inf Dr Mulyono, M.Or, dan Serka Andika.

Baca Juga   Pangdam Jaya/Jayakarta Komsos ke PT. Mayora, Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Aman

Di tempat yang sama, Kepala Jasmani Kodam Jaya (Kajasdam Jaya) Kolonel Inf Suparman menyampaikan bahwa untuk menyesuaikan dengan aturan yang baru maka, Prajurit perlu diberikan sosialisasi dan pelatihan tentang perubahan tersebut. “Ada perubahan aturan penilaian Garjas A maupun Garjas B yang perlu disampaikan kepada seluruh Prajurit. Untuk Garjas A, materi lari sejauh 3.200 meter, sekarang menjadi lari selama 12 menit. Sedangkan Garjas B berubah menjadi lunges, standing broad jump, vertical jump, shuttle run, sit up, squat jump,” ujar Kolonel Inf Suparman.

Menurut Suparman, Jasdam selaku pembina fungsi jasmani tingkat Kodam, telah memanggil perwakilan-perwakilan dari semua satuan yang ada di area Kodam Jaya untuk diambil sampel data kekuatan jasmani oleh Disjasad. “Dan untuk mengukur kekuatan jasmani setiap Prajurit, TNI AD terus melakukan upaya penyempurnaan sistem atau tolok ukur penilaian tes Garjas. Saat ini terdapat perubahan penilaian, sehingga perlu dilakukan pengambilan sampel data kekuatan Prajurit oleh Tim dari Disjasad,” jelas Kajasdam Jaya.

Kajasdam Jaya menambahkan, Norma Penialan Garjas yang baru akan segera diberlakukan kepada setiap Prajurit TNI AD untuk mengikuti Seleksi Pendidikan (Seldik), Usul Kenaikan Pangkat (UKP), Uji Kompetensi Jabatan dan tes jasmani periodik setiap enam bulan sekali.( Red)

5 komentar

  1. Good day I am so glad I found your website, I really
    found you by mistake, while I was looking on Aol
    for something else, Regardless I am here now and would just like to say kudos for a marvelous post and a all round enjoyable blog (I also love
    the theme/design), I don’t have time to browse it all at the minute but I have saved it and also added your RSS feeds, so
    when I have time I will be back to read much more, Please
    do keep up the great work.

  2. I do consider all the ideas you’ve presented to your
    post. They are really convincing and will definitely
    work. Nonetheless, the posts are very brief for beginners.
    May just you please lengthen them a bit from next time?
    Thank you for the post.

  3. Nice blog right here! Additionally your site quite a bit up very fast!
    What web host are you using? Can I am getting your affiliate link for your host?
    I wish my web site loaded up as quickly as yours lol

  4. After checking out a handful of the articles on your web site,
    I really appreciate your way of blogging. I book marked it to my bookmark website list and will be
    checking back soon. Please check out my
    web site too and let me know how you feel.

Komentar ditutup.