Kapolres Lampung Selatan Hadiri Pengukuhan Relawan Demokrasi

SIDIKPOST.COM|Pengukuhan dan Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi Pemilihan Umum Tahun 2019. Di gelar di Aula Krakatau Pemda Lampung Selatan ,Rabu tanggal 30 Januari 2019, sekira jam pukul 10.10 wib s/d 11.15 WIB

Advertisements

1.Adapun yang hadir dalam acara tersebut:

-M. Abdul Hafid (Ketua KPU Lampung Selatan),
-Dra. Handy Mulyaningsih, M.Si (Anggota -Komisioner KPU Lampung/Korwil Lamsel),
-AKBP M. Syahran (Kapolres Lampung Selatan),
-Supriyanto (Asisten Bid. Pemerintahan & Kesra LS),
-Lettu Paino (Pasi Intel 0421 LS),
-Titik Sutriningsih,
-Sri Fahtimah,
-Hendra Apriansyah,
-Mislamudin (Komisioner KPU Lampung Selatan),
-Bejo Purnomo (Sekertaris KPU Lampung Selatan),
-Syamsul Bahri SE (Kasubag Teknis Pemilu KPU Lampung Selatan),
-Asep (Kasubag Umum KPU Lampung Selatan),
-Darmawan (Kesbangpol Lampung Selatan),
-Eko Juli (Perwakilan Lapas Kalianda), dan
-55 Relawan Demokrasi (Relasi).

“Pengukuran relawan demokrasi dan membacakan fakta integritas relawan Demokrasi Pemilihan Umum Tahun 2019 Kab. Lampung Selatan oleh perserta relawan demokrasi.” Kata kabid humas Polda Lampung Kombes Pol Sulistianingsih.( 30/1/2019).

3. AKBP M. Syahran (Kapolres Lampung Selatan), mengemukakan antara lain :

a. Relawan Demokrasi tanpa didukung anggaran, namun tetap berjalan dan saya sgt apresiasi kepada relawan. Apa yang disampaikan dalam ikrar /janji- janji pd saat pgukuhan agar dapat dilaksanakan

Baca Juga   Rumah Makan Buka Disiang Hari, Polsek Pulo Merak Dampingi Satpol PP Lakukan Razia

b. Janji relawan demokrasi apabila terhadap pelanggaran akan diberikan sanksi, apa sudah siap. Relawan tidak berkerja sendiri, tetapi bersama kita untuk mensukseskan pemilu 2019.

Baca juga : Ganti Rugi Tanah Belum di Bayar , Warga desa Tanjung Ratu Tutup Jalan Tol JTTS KM 52 Lampung Selatan

c. Kita harus mengawal pemilu Tahun 2019 harus sukses, berikan pemahaman yg benar kpd masyarakat / pemilih utk menggunakan hak pilihnya, berikan pengetahuan dan pemahaman ttg apa yg harus dilak pd saat pencoblosan, kapan pelaksanaan, dan diharapkan masyarakat dapat mempergunakan hak pilihnya krn kegiatan pemilu hanya 5 tahun sekali.

d. Suhu politik saat ini, harus panas kita cermati dgn baik dan berikan informasi yang menyejukkan kepada pemilih, agar tercipta suasana aman, damai dan lancar pemilu 2019.

4. Dra. Handy Mulyaningsih, M.Si (Anggota Komisioner KPU Lampung/Korwil Lamsel), mengemukakan antara lain :

a. Relawan Demokrasi yang sudah di pengukuhan sudah menjadi bagian penyelenggaraan, namun bukan organisasi dari KPU tetapi bentuknya hanya relawan.

Baca Juga   Simpan Narkoba Di Balik Sadal Sepeda "Anton" Di Ringkus Polsek Anggana

b. Tugas relawan untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat Lampung Selatan. Seperti pemilu apa, sudah pernah mencoblos belum, kapan mulai mencoblos, jam berapa, cara mencoblosnya dll. Tugas relawan menandatangi masyarakat yang tadinya tidak paham, menjadi paham.

c. Pemilu 2019 merupakan pemilu serentak yang akan diselenggarakan dalam pemilih DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan Pemilih Presiden dan Wakil Presiden.

d. Selainn itu, relawan demokrasi tidak akan langsung turun kelapangan, tanpa ada pembekalan dengan Bimtek. Relawan sebelum turun kelapangan akan diberikan Bimtek terlebih dahulu.

5. Supriyanto (Asisten Bid. Pemerintahan & Kesra LS), membaca sambutan Bupati Lampung Selatan antara lain :

a. Menyambut baik diselenggarakan Bimbingan teknis dan kami memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para relawan demokrasi yang hari ini akan mengikuti bimbingan teknis. Para relawan ini adalah orang-orang terpilih yang diharapkan akan dapat menjalankan tugas dan fungsinya untuk menyampaikan pendidikan atau sosialisasi Pemilu kepada masyarakat.

b. Peran relawan demokrasi ini sangat strategis guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu tahun 2019, dimana para relawan harus dapat masuk ke berbagai basis yang meliputi basis keluarga, pemilih pemula, pemilih mudam perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, komunitas, keagamaan dan lain-lainnya.

Baca Juga   Brimobda Banten Laksanakan Pengamanan Kampanye Cawapres

c. Pemilu Tahun 2019 ini akan diwarnai dengan berbagai kompleksitas karena sangat berbeda dengan pemilu sebelumnya tahun 2014 yaitu soal keserentakan, dimana pemilih akan melakukan pencoblosan surat suara secara bersamaan baik untuk Presiden/Wakil Presiden, maupun DPR/DPD, dan DPRD Provinsi/ Kabupaten/Kota. Sehingga pemilu 2019 dapat dipastikan akan diwarnai dengan berbagai kompleksitas baik pada aspek penyelenggaraan, pengawasan, maupun pada aspek partisipasi pada masyarakat pemilih.

” Acara Dilanjutkan, acara Bimbingan Teknis kepada Relawan Demokrasi Pemilihan Umum Tahun 2019.” Pangkas Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Sulistianingsih. ( Red).