Simulasi Latihan Tim SAR Evakuasi Kapal Persiar Terbakar Di Perairan Padang

Jakarta, 16 Desember 2018,– Kapal Angkatan Laut (KAL) Sinyaru KAL II-2-01 yang merupakan Unsur Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal II melaksanakan patroli keamanan laut dalam rangka mengamankan wilayah Perairan Sumatera Barat dari berbagai macam bentuk ancaman di laut. Saat berada di Perairan Padang, radar KAL Sinyaru menangkap kontak kapal pada jarak 3 mil dan mendekati objek. Setelah didekati oleh KAL ternyata sebuah kapal persiar terbakar. Kemudian Komandan KAL Sinyaru melaporkan kepada Komandan Lantamal II tentang kejadian tersebut.

Advertisements

Dengan adanya kejadian itu, Komandan Lantamal II memerintahkan Asops Danlantamal II untuk dilaksanakan proses penyelamatan kapal serta berkoordinasi dengan Dansatrol Lantamal II, Marinir, Basarnas, Polair, KSOP, Kesehatan Pelabuhan, Pelindo dan Imigrasi untuk mengantisipasi adanya orang asing.

Setelah mendapat arahan dari Komando Atas, Komandan Satrol memerintahkan Komandan KAL untuk melakukan pemadaman api. Namun saat proses pemadaman berlangsung, api semakin membesar sehingga para penumpang kapal pesiar yang ternyata merupakan Warga Negara Asing sebagian berusaha menyelamatkan diri dengan cara melompat ke laut. Disaat bersamaan tiba 1 unit Sea Raider Lantamal II, 1 unit Sea Raider Basarnas dan 1 unit perahu karet Marinir untuk membantu proses penyelamatan. Seluruh korban berhasil diselamatkan dan dievakuasi menuju Pelabuhan Teluk Bayur.

Baca Juga   Kapolres Serang Kota Hadiri Kegiatan Jalan Santai dan Talkhsaw KKBPK

Setibanya di Pelabuhan Teluk Bayur, 5 korban luka-luka dibawa ke Rumah Sakit terdekat dengan menggunakan mobil ambulance milik Lantamal II dan Kantor Kesehatan Pelabuhan, sementara 7 orang warga asing yang selamat dilaksanakan pemeriksaan keimigrasian oleh pihak Imigrasi.

Kejadian tersebut merupakan skenario Latihan SAR Laut yang merupakan puncak latihan dari rangkaian kegiatan latihan operasi matra laut bidang Yustisial, Sea Survival dan SAR Laut. ( Ls).