Posal Pulau Banyak Lanal Simeulue Selamatkan Korban Kebakaran Kapal Di Aceh Singkil

Jakarta, 16 Desember 2018,– Personel Pos Angkatan Laut (Posal) Pulau Banyak Lanal Simeulue dengan sigap membantu dan menyelematkan perahu nelayan yang mengalami kebakaran di Perairan Lambudung, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Desa Ujung Sialit, Kabupaten Aceh Singkil, Jumat (14/12).

Advertisements

Berawal dari informasi dan laporan masyarakat bahwa telah terjadi kecelakaan kebakaran di laut yang menimpa sebuah perahu kayu dengan nakhoda bernama Ifaman di Perairan Lambudung Kecamatan Pulau Banyak Barat, Desa Ujung Sialit, Kabupaten Aceh Singkil.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Personel Posal Pulau Banyak Serka Nur Hasan yang mendapatkan laporan segera mempersiapkan peralatan berupa speed boat untuk mengevakuasi korban dibantu masyarakat setempat menuju tempat kejadian dan korban kebakaran berhasil ditolong dalam keadaan selamat.

Adapun data korban bernama Ifaman Santo Laiya Umur 37 Tahun seorang Nelayan asal Desa Ujung Sialit, Kecamatan Pulau Panyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil pada saat kejadian ditemani Andi Pramata berumur 25 tahun yang beralamat di Desa Marindal 2, Kecamatan Patumbak Sumatera Utara. Korban yang mengalami luka bakar dibagian tangan dan kaki langsung dibawa menuju Puskesmas Ujung See dengan menggunakan speed boat untuk ditangani lebih lanjut oleh tenaga medis. Kerugian materil akibat kecelakaan yakni perahu habis terbakar, bahan bakar 3 drum terbakar, serta bahan pokok sembako dengan total kerugian mencapai 50 juta rupiah.

Baca Juga   Bhabinkamtibmas Gelar Giat Sambang Dengan Pjs Kepala Desa Dan Panitia Pilkades Desa Rawa Burung

Menurut pengakuan dari nakhoda, sebelum terjadi kebakaran seperti biasa mereka sedang berbelanja kebutuhan pokok di Desa Pulau Balai berupa sembako dan bahan bakar untuk dibawa pulang menuju Desa Ujung Sialit Pulau Banyak Barat. Dalam perjalanan pulang tepatnya di Perairan Pulau Lambudung mesin perahu pecah dan mengakibatkan terjadinya percikan bunga api yang menyambar bahan bakar di drum sehingga mengalami kebakaran.

Posal Pulau Banyak merupakan Pos TNI AL yang berada dibawah Lanal Simeulue di Jajaran Lantamal I. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut terulang kembali, Komandan Lantamal I Laksma TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si, melalui Danlanal Simeulue Letkol Mar Wempi, M.Tr (Hanla) memerintahkan kepada pengawak posal untuk lebih meningkatkan pembinaan dan himbauan kepada para nelayan dan pengguna fasilitas penyeberangan untuk selalu menjaga dan menjalankan prosedur keselamatan dalam berlayar.( Ls).