Polres Kukar Menjaga Keamanan Aksi Damai Komunitas Jaga Pilkada di Kantor KPU dan DPRD Kukar

SIDIKPOST | KUKAR – Polres Kutai Kartanegara (Kukar) turut serta dalam menjaga keamanan saat Komunitas Jaga Pilkada (Jaringan Warga Peduli Pilkada) mengadakan aksi damai di Sekretariat KPU Kukar dan Kantor DPRD Kukar pada Jumat (30/8/2024). Aksi yang dimulai pukul 10.00 WITA ini dipimpin oleh Koordinator Lapangan, Asmirudin dan Edy Mulawarman, sebagai bentuk penyampaian aspirasi terkait keputusan Mahkamah Konstitusi mengenai Pilkada 2024.

Advertisements

Massa berkumpul di dua titik, yaitu Terminal Belida dan samping Kantor DPRD Kukar, dengan jumlah peserta masing-masing 20 dan 25 orang. Pada pukul 10.00 WITA, massa dari Terminal Belida bergerak menuju Sekretariat KPU Kukar untuk memasang baliho yang berisi seruan kepada KPU agar mengikuti hukum dan keputusan Mahkamah Konstitusi, khususnya terkait pencalonan Edi Damansyah yang telah menjabat sebagai Bupati selama dua periode.

Kemudian, massa bergabung dengan kelompok lain di Kantor DPRD Kukar. Pada pukul 10.30 WITA, baliho serupa dipasang di halaman Kantor DPRD sebelum perwakilan massa diundang untuk melakukan audiensi dengan DPRD pada pukul 10.40 WITA.

Baca Juga   MASJID AL-HASANIYAH Dan GARISSA Melaksanakan Pemotongan Hewan Qurban Idul Adha 1445 H Tahun 2024

Dalam audiensi yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Herry Asdar dan dihadiri oleh anggota DPRD Sri Mulyani dan Johansyah dari Fraksi Golkar, perwakilan massa menyampaikan tuntutan agar KPU Kukar mematuhi putusan MK Nomor 2/PUU-XII/2023. Mereka menegaskan bahwa berdasarkan putusan tersebut, Edi Damansyah tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri kembali dalam Pilkada 2024.

Menanggapi hal tersebut, Herry Asdar menyatakan bahwa DPRD akan menampung dan mempertimbangkan aspirasi masyarakat, namun proses pengambilan keputusan akan mengikuti prosedur dan kajian yang mendalam. Anggota DPRD lainnya, Sri Mulyani dan Johansyah, juga menekankan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan selama proses Pilkada serta berkomitmen untuk menindaklanjuti aspirasi warga sesuai dengan hukum yang berlaku.

Sementara itu, Kabag Ops Kompol Subari sebagai penanggung jawab pengamanan menegaskan bahwa selama aksi tersebut, situasi tetap aman dan tertib. ( SDP )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *