Siap Amankan Pilkada, Polres Kukar Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Mahakam 2024-2025

SIDIKPOST | Kutai Kartanegara – Polres Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Mahakam 2024-2025 pada Jumat (23/8/2024) pagi. Kegiatan ini diselenggarakan di Halaman Parkir Stadion Rondong Demang, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, sebagai langkah awal untuk memastikan kesiapan personel serta sarana prasarana dalam mengamankan Pilkada Serentak 2024-2025 di wilayah hukum Polres Kukar.

Advertisements

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Kukar, AKBP Heri Rusyaman, dan dihadiri oleh berbagai pejabat daerah serta tokoh penting. Di antaranya adalah Asisten I Setkab Kukar, Ahmad Taufik Hidayat; Dandim 0906/Kukar, Letkol Czi Damai Adi Setiawan; Ketua DPRD Sementara Kukar, Farida, serta perwakilan dari Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, Bawaslu, KPU, dan berbagai organisasi serta instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya, AKBP Heri Rusyaman menekankan pentingnya kesiapan seluruh elemen dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak. Ia menggarisbawahi bahwa Pilkada adalah momen penting dalam demokrasi Indonesia yang membutuhkan partisipasi aktif dari semua pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

“Pilkada adalah salah satu pesta demokrasi yang menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa. Oleh karena itu, seluruh komponen bangsa harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pilkada 2024,” ujar Kapolres dalam amanatnya.

Baca Juga   Gelar Gaktiblin, Kapolres Kutai Kartanegara Harapkan Personel Siap Layani Masyarakat

Operasi Mantap Praja Mahakam 2024-2025 akan berlangsung selama 126 hari, dimulai dari 26 Agustus hingga 16 Desember 2024. Operasi ini akan melibatkan 635 personel Polres Kukar, dengan dukungan satuan atas dari Polda Kaltim serta partisipasi instansi lain seperti TNI, Dishub, Satpol PP, BPBD, dan PMI. Selain itu, operasi ini akan didukung oleh Command Center yang berfungsi untuk mengintegrasikan data dan informasi serta memantau situasi di lapangan secara terpadu.

Dalam rangka menjaga keamanan, Polri bersama dengan TNI dan instansi terkait lainnya juga akan menggelar kegiatan cooling system untuk mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu SARA, propaganda, dan kampanye hitam. Satgas Anti Money Politics dan Satgas Pilkada Damai juga diaktifkan untuk menjaga integritas pelaksanaan Pilkada.

Kapolres Kukar menekankan pentingnya sinergi dan soliditas antar semua pihak dalam operasi ini, serta perlunya langkah antisipasi terhadap berbagai potensi kerawanan, termasuk bencana alam dan ancaman terorisme.

“Operasi Mantap Praja Mahakam 2024-2025 diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” tambah Kapolres.

Baca Juga   Terus Bantu Masyarakat, Kali Ini Polres Kukar Bagikan Sembako Untuk Kelompok Pengajian

Apel Gelar Pasukan berakhir pada pukul 08.35 WITA dengan situasi yang aman dan tertib. Kegiatan ini menjadi awal yang baik dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada Serentak 2024-2025 di wilayah Kutai Kartanegara. ( SDP )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *