DLH Kota Tangerang Gelar Uji Emisi Gratis, Total 1651 Mobil Selama 3 Hari

SIDIKPOST | Kota Tangerang – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Banten menggelar uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga lokasi berbeda dengan capaian 1651 unit mobil , dari tanggal 11 hingga 13 Juni 2024 dengan rincian lulus 1.326 kendaraan, tidak lulus 325 dengan total 1651 kendaraan selama 3 hari dan kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian peringatan hari Lingkungan hidup

Advertisements

Kepala DLH Kota Tangerang, Wawan Fauzi, menyatakan bahwa uji emisi ini bertujuan untuk mengetahui kinerja mesin dan tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin kendaraan. “Uji emisi ini dilakukan untuk mengetahui apakah polutan yang dikeluarkan oleh kendaraan memenuhi baku mutu atau tidak, serta menjaga kualitas lingkungan dan udara di Kota Tangerang,” ujar Wawan, Rabu, 12 Juni 2024.

Pelaksanaan uji emisi ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa setiap orang yang menghasilkan emisi dari alat transportasi darat berbasis jalan yang telah memasuki masa pakai lebih dari tiga tahun wajib memenuhi baku mutu emisi. “Pemenuhan baku mutu emisi ini juga dijadikan sebagai dasar pengenaan tarif pajak kendaraan bermotor,” tambah Wawan.

Baca Juga   Satgas Pamtas Yonif 407/PK Temukan Kayu Hasil Pembalakan Liar Saat Patroli

Untuk bisa mengikuti uji emisi gratis ini, masyarakat hanya perlu membawa fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Jadwal pelaksanaan uji emisi gratis dimulai pada 11 Juni 2024 di Jalan Jenderal Sudirman, depan Komplek Imigrasi, dari pukul 08.00 WIB hingga selesai. Kemudian, pada Rabu, 12 Juni 2024, dilaksanakan di Jalan MH Thamrin, Apartemen Ayodhya . Terakhir, pada Kamis, 13 Juni 2024, uji emisi akan diadakan di Jalan STA 11/Metland Cyber City, depan RS Mandaya.

“Saya mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini demi menjaga lingkungan dan kualitas udara,” tutup Wawan.

Komitmen DLH Kota Tangerang dalam Menjaga Kualitas Udara

Kegiatan uji emisi gratis ini merupakan bagian dari upaya DLH Kota Tangerang untuk meningkatkan kualitas udara di kota ini. Dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, terutama yang berusia lebih dari tiga tahun, polusi udara menjadi perhatian utama yang harus segera ditangani.

DLH Kota Tangerang juga berencana untuk meningkatkan sosialisasi mengenai pentingnya uji emisi kepada masyarakat. Edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan hidup. Selain itu, DLH juga berencana untuk menjalin kerjasama dengan berbagai instansi dan komunitas untuk memperluas jangkauan program uji emisi.
Dukungan dari Masyarakat

Baca Juga   Kementan Himbau Potong Hewan Kurban Harus Sesuai Prosedur

Antusiasme masyarakat dalam mengikuti uji emisi gratis ini menunjukkan kesadaran yang semakin meningkat mengenai pentingnya menjaga lingkungan. Salah seorang peserta uji emisi, Andi, menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan ini.

“Ini adalah langkah yang sangat baik dari pemerintah. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa rutin diadakan agar kualitas udara di Tangerang semakin baik,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan uji emisi ini, DLH Kota Tangerang berharap dapat mengurangi polusi udara secara signifikan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Upaya ini juga sejalan dengan visi Kota Tangerang sebagai kota yang bersih, sehat, dan berkelanjutan.

DLH Kota Tangerang mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung program-program lingkungan dan bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan demi masa depan yang lebih baik. ( ADV )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *