Polsek Sangasanga Lakukan Pengamanan Pasca Ledakan Smelter Nikel Milik PT KFI

SIDIKPOST | KUKAR- Polsek Sangasanga sedang mendalami kejadian kecelakaan kerja di Pabrik PT Kalimantan Ferro Industri (KFI) atau Smelter Nikel yang berada di Jalan Astina RT 13 Kelurahan Pendingin, Kecamatan Sangasanga. Ledakan tersebut terjadi pada Kamis (16/5/2024) sekitar pukul 18.30 WITA.

Advertisements

Insiden tersebut mengakibatkan tiga korban luka-luka. Jemy Putra Paembongan mengalami luka di kepala sebelah kanan, Deser mengalami luka bakar di pinggang belakang sebelah kiri dan luka bakar di kedua telapak tangan, sementara Lili Marten hanya mengalami trauma. Ketiga korban saat ini sedang dirawat di Puskesmas Sangasanga.

“Akibat ledakan tersebut, gudang logistik yang berada di samping kolam limbah ikut terbakar,” ujar Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman, melalui Kapolsek Sangasanga AKP Baihaki.

Sekitar pukul 19.00 WITA, api berhasil dipadamkan oleh mobil pemadam kebakaran milik PT KFI. Atas kejadian ini, Kapolsek Sangasanga bersama anggota Polsek Sangasanga segera mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) untuk melakukan pengamanan dan penyelidikan lebih lanjut.

Pengamanan ini dilakukan untuk memastikan situasi tetap kondusif serta mencegah potensi bahaya lanjutan di area pabrik. Polisi juga akan menyelidiki penyebab ledakan dan memastikan keselamatan pekerja serta fasilitas di sekitar area tersebut.

Baca Juga   Event MICE Jadi Media Promosi Efektif Tampilkan Kekayaan Alam Budaya Indonesia

Pihak manajemen PT KFI belum memberikan keterangan resmi terkait insiden ini. Namun, mereka menyatakan akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menginvestigasi penyebab ledakan dan mengambil langkah-langkah pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Kejadian ini mengingatkan akan pentingnya penerapan standar keselamatan kerja yang ketat di industri, terutama di sektor yang berisiko tinggi seperti pertambangan dan pengolahan mineral. Masyarakat sekitar diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari petugas keamanan dan penyelamat yang berada di lokasi.

Kondisi terkini di lokasi kejadian telah dinyatakan aman oleh pihak berwenang, dan proses pemulihan serta investigasi akan terus berlanjut untuk memastikan keselamatan dan keamanan lingkungan kerja di PT KFI.

( SDP )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *