Kapolda Metro Jaya Usul Aksi Demonstrasi Dipusatkan di Lapangan Monas

SIDIKPOST | Jakarta, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol DR Mohammad Fadil Imran mengusulkan aksi unjuk rasa atau demonstrasi yang dipusatkan di kawasan Monas Barat Daya, Jakarta.

Advertisements

Hal tersebut diusulkan Kapolda saat berdiskusi dengan tokoh agama, mahasiswa, serikat pekerja dan organisasi masyarakat (ormas) di Polda Metro Jaya pada Kamis (22/9/2022) kemarin.

Kapolda menilai selama ini aksi unjuk rasa digelar di kawasan Patung Kuda atau Jalan Medan Merdeka Barat. Menurutnya, sering terjadi penutupan jalan akibat sejumlah aksi unjuk rasa.

Pihaknya menilai aksi unjuk rasa di jalan tersebut perlu dipindahkan. Sebab, menggangu aktivitas masyarakat luas. Salah satu opsi ialah memusatkan aksi demo di Monas Barat Daya.

Kapolda menilai kawasan Monas Barat Daya memadai untuk menampung peserta aksi.

“Saya lihat Monas Barat Daya cukup luas. Ini bisa masuk 5-6 ribu orang, daripada kita harus demonstrasi di Jalan Medan Merdeka Barat,” kata Irjen Fadil.

Irjen Fadil mengaku siap menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti panggung dan pengeras suara. Sehingga, peserta aksi dapat diberikan ruang dan menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia sangat dewasa dalam berdemokrasi.

Baca Juga   Satgas Yonif RK 751/VJS Bersama Alumni Akabri 98 Laksanakan Serbuan Vaksinasi dan Bhakti Sosial

Menurutnya, unjuk rasa di kawasan Monas Barat Daya tidak membuat jalanan macet dan mengganggu aktivitas masyarakat. “Arus lalu lintas ini bisa lancar dari timur dari utara. Demikian juga arus lalu lintas dari selatan dan barat, kalau kita melaksanakan demo di silang Monas,” pungkas Kapolda.

( AWY E )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *