Pencuri Specialis Rumah Kosong Kena Timah Panas Polres Tangsel

Polres Tangerang Selatan meringkus tiga maling spesialis rumah kosong yang mengambil keran di rumah mewah. Penangkapan Siyam alias Sam, Darmin alias Musang, Nana Supriana alias Supri, berdasarkan laporan yang diterima polisi pada 20 September 2018.

Advertisements

Laporan polisi itu diterima setelah para pelaku dalam satu hari berhasil menggasak tiga rumah mewah di Cluster The Caspia, The Icon BSD, Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Wakapolres Tangerang Selatan, Kompol Arman menjelaskan, pelaku yang sebenarnya berjumlah empat orang itu sudah memiliki perannya saat menggasak rumah-rumah mewah tersebut. “Siyam dan Darmin memanjat pagar, kemudian mencongkel jendela, sedangkan Supri dan Dul (DPO) menunggu dari luar,” jelas Kompol Arman di Mapolres Tangsel, Senin (22/10/2018).

Setelah berhasil masuk, kemudian pelaku menggasak laptop, tv, handphone, dan dompet. Tidak hanya itu, barang lain yang digondol oleh komplotan tersebut adalah shower, keran, dan MCB dari ketiga rumah mewah itu.

“Pelaku melakukan aksinya di hari yang sama di tiga TKP yang berdekatan,” tutur Kompol Arman.

Baca Juga   Saat Patroli, Ditsamapta Polda Banten Sampaikan Pesan Kamtibmas

Petugas membekuk tiga dari empat bandit tersebut di daerah Tanah Baru, Beji, Depok pada 14 Oktober 2018 sekira pukul 06.00 WIB.

Petugas pun melakukan tindakan tegas kepada ketiganya lantaran para pelaku melakukan perlawanan ketika akan diringkus. “Tersangka menyerang petugas dengan linggis saat akan ditangkap,” ungkap Kompol Arman.
Serang Petugas Pakai Linggis, Polisi Tembak Betis Komplotan Maling Keran Mewah di BSD

Dari informasi yang didapatkan petugas, tersangka merupakan residivis yang sudah satu tahun menjalani pekerjaan sebagai garong rumah kosong. Bahkan, sebanyak 13 rumah dicatat polisi pernah disambangi komplotan asal Jawa Tengah itu.

Komplotan ini pun kerap menggasak keran dan shower mewah yang memiliki merek ternama untuk kembali dijual. “Para tersangka mencuri keran dan shower yang harganya jutaan, menggunakan alat yang sudah disiapkan,” jelas Kompol Arman.

Tidak hanya keran, para tersangka juga menggondol televisi, handphone, hingga dompet dari rumah-rumah kosong. Saat ini polisi masih memburu satu pelaku bernama Dul yang berstatus sebagai daftar pencarian orang.

Kasat Reskrim Polres Tangsel AKP Ahmad Alexander Yurikho menambahkan, shower atau keran mewah yang digondol para pelaku bisa dijual kembali dengan harga yang tinggi.

Baca Juga   KAPOLSEK CILEDUG HADIRI PENGUKUHAN PASKIBRA KECAMATAN

“Ini keran kalau dijual bisa Rp 1 jutaan, mereknya bagus,” jelas AKP Ahmad Alexander.

Para pelaku terjerat pasal 363 KUHP atas tuduhan pencurian dan pemberatan dengan ancaman penjara paling lama lima tahun.( Lisin/ls).