Kaskoarmada I Terima Kunjungan Kehormatan CO Japan Training Squadron MSDF

Jakarta, 6 Juni 2018– Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E, M.M., yang diwakili oleh Kaskoarmada I Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto, S.E, M.M., menerima kunjungan kehormatan Commander Japan Training Squadron MSDF Rear Admiral Hiroyuki Izumi di Mako Koarmada I, Jakarta Pusat, Rabu (6/6).

Advertisements

Dalam sambutan Pangkoarmada I yang disampaikan oleh Kaskoarmada, jajaran Koarmada I menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dan kehadirannya di Mako Koarmada I. Dimana kunjungan tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi Koarmada I. Dalam kesempatan tersebut, Kaskoarmada memperkenalkan para pejabat utama Koarmada I serta menjelaskan secara singkat tugas pokok Koarmada I dalam melaksanakan pengamanan yuridiksi perairan wilayah barat Indonesia. Dimana dalam melaksanakan penegakkan hukum dan kedaulatan di laut, Koarmada I mengerahkan unsur-unsurnya berupa Kapal Perang (KRI), Pesawat udara dan kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) dengan dukungan Pangkalan-pangkalan TNI AL yang tersebar di wilayah barat. Selain itu dibentuknya satuan reaksi cepat dalam penanganan tindak pidana di laut yaitu WFQR. Dimana dalam melaksanakan tugasnya, WFQR merupakan kombinasi kerjasama taktis antara operasi dan intelijen.

Baca Juga   Ps kanit Binmas Polsek tanjung Duren Hadiri Pemilihan RW O3 Kelurahan Grogol

Selanjutnya Rear Admiral Hiroyuki menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI AL atas bantuan dan dukungannya dalam memfasilitasi perijinan kunjungan kehormatan tersebut. Selanjutnya Rear Admiral Hiroyuki menyampaikan secara singkat kegiatan yang dilaksanakan oleh Japan Training Squadron, dimana terdiri dari dua kapal yaitu JS Kashima TV 3508 dan JS Makinami DD 112 berangkat dari pangkalan Yokosuka Jepang 21 mei yang berlayar selama 13 hari. Dimana Jakarta merupakan pelabuhan yang pertama kali mereka singgahi. Direncanakan mereka akan melanjutkan misi pelayaran ke kawasan Timur Tengah (UEA), kawasan Eropa dan USA. Dianjutkan ke Hawai dan Meksiko. Total pelayaran selama 50 hari dengan membawa 200 Perwira muda dalam rangka pelatihan.

Harapan dari tujuan kegiatan kunjungan ini adalah terselenggaranya latihan bersama dimana latihan-latihan yang dilaksanakan dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan kedua AL. Direncanakan medio September – Oktober, JMSDF akan mengirimkan kapal perang ke Indonesia dalam rangka misi persahabatan. Harapannya dapat melaksanakan latihan bersama. Hal ini penting karena untuk membangun rasa saling percaya agar bisa memberikan kontribusi positif bagi kemajuan kedua AL.

Baca Juga   Tangis Haru " Si pemilik Rumah" yang di bangun oleh Polsek Kalideres saat peresmian oleh kapolres Jakarta barat

Kunjungan Japan Training Squadron tersebut akan diakhiri dengan kegiatan latihan bersama Passing Exercise (Passex) di Perairan Laut Jawa, dimana Koarmada I telah menyiapkan 1 unsur KRI Teuku Umar-385.

Dalam kegiatan tersebut, Kaskoarmada I didampingi Asrena Pangkoarmada I, Asops Pangkoarmada I, Aslog Pangkoarmada I, Aspers Pangkoarmada I, Aspotmar Pangkoarmada I, Komandan Kolat Koarmada I, Komandan Satfibarmada I dan Pakoorsmin, sedangkan Commander Japan Training Squadron MSDF didampingi Athal Jepang untuk Indonesia serta Komandan JS Kashima TV 3508 dan Komandan JS Makinami DD 112.( lsn/ls).