SATGAS INDO RDB BERHASIL FASILITASI PENTAHBISAN PASTUR YANG TELAH LAMA TERTUNDA AKIBAT KONFLIK DI DRC

SIDIKPOST| Kiprah Satuan Tugas (Satgas) Rapidly Deployable Battalion (RDB) Mission de l’Organisation des Nations Unies pour La Stabilisation en République Démocratique du Congo (MONUSCO) dalam melaksanakan misi perdamaian kembali membuahkan hasil dengan memfasilitasi Pentahbisan Pastur di wilayah Propinsi Kalemie, Republik Demokratik Kongo, Minggu (18/8/2019).

Advertisements

Pentahbisan adalah prosesi penobatan atau pelantikan Pastur di wilayah Propinsi Tanganyika. Acara Pentahbisan Pastur yang sekian lama tertunda akibat konflik antar suku yang terjadi di daerah Republik Demokratik Kongo, khususnya di wilayah Provinsi Tanganyika, berhasil dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Agustus 2019 sekitar pukul 08.00 sd 14.00.

Acara ini dihadiri warga desa yang datang berbondong-bondong untuk menyaksikan acara Pentahbisan Pastur tersebut.

Di Republik Demokratik Kongo, Uskup dan Pastur merupakan tokoh agama yang sangat terhormat dan disegani oleh masyarakat sehingga merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi keluarga dan jemaat paroki yang pasturnya ditahbiskan oleh Uskup Jean Pierre di La Place Maendeleo Kalemie.

Terlaksananya pentahbisan 11 pastur ini tidak lepas dari upaya keras Indo RDB yang selama ini memberikan dukungan dengan menciptakan keamanan di wilayah Kalemie dan memfasilitasi perdamaian suku-suku yang bertikai.

Baca Juga   Satgas Pamtas Yonif 411/Pdw Kostrad Gelar Lomba Panahan Tradisional di Papua

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Provinsi Tanganyika, Mr. Mony Samba dalam sambutannya usai acara pentahbisan. Acara diakhiri dengan pawai jalan kaki Uskup dan Pastur beserta tamu undangan dari La Place Maendeleo menuju gereja Christ Roi Kalemie.