Veteran perang telantar di kolong tol

Advertisements

Jakarta Utara———Baru tiga minggu di DKI Jakarta, seorang pria lanjut usia yang mengaku seorang veteran perang menggelandang dan tidur di Kolong Tol Enggano, Jakarta Utara. Petugas P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Utara segera melakukan penyelamatan dan membawanya ke panti.

Satuan Pelaksana Sosial Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Marspel menyampaikan, sebelumnya Petugas mendapati adanya laporan dari Walikota Jakarta Utara tentang adanya lansia yang telantar di kolong Tol.

“Saat dilakukan asesmen oleh Petugas, kami sama sekali nggak menyangka kalau lansia itu seorang veteran sewaktu Indonesia perang melawan penjajahan Belanda,” – kata Marspel saat dihubungi pada Selasa (27/03/2018).

Kakek yang kemudian diketahui bernama
Ramun (101) itu menceritakan kepada Petugas saat mengenang masa-masa penjajahan Belanda yang berada didalam ingatannya.

Marspel juga mengatakan, Ramun datang ke Jakarta bertujuan untuk menjadi pemulung. Karena mungkin Ramun berpikir menjadi pemulung di Jakarta dapat merubah nasibnya selama ini.

Kakek asal Pemalang, Jawa Tengah itu ternyata tidak memiliki sanak saudara di Jakarta maupun di kampung halamannya. Ia hidup sebatang kara untuk merawat dirinya sendiri.

Baca Juga   Polda Banten Gelar Penandatanganan Pakta Integeritas, Dalam Penerimaan Anggota Poli TA. 2019

“Selama ini Mbah Ramun tinggal di kolong-kolong Tol dan dipinggir jalan atau di ruko-ruko. Dimana saja Mbah Ramun lelah, disitu lah Mbah Ramun istirahat dan tidur,” – terang Marspel.

Kondisi kesehatan Ramun juga tidak terlalu baik. Sejak usia 90 tahun-an, ia terkena penyakit jantung dan kebocoran ginjal. Namun hingga sekarang ia masih berjuang untuk menghidupi dirinya sendiri.

Saat ini Ramun telah dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur. Disana ia akan mendapatkan perawatan dan pelayanan yang lebih baik. (Lisin / Is)