Advertisements

Perkiraan Polri: Arus Mudik Lebaran 2023 Meningkat 14,2 Persen Dibanding Tahun Lalu

SIDIKPOST | Jakarta,- Polri memprediksi arus mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 2023 mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, jumlah pemudik pada Hari Raya Idul Fitri 2023 diperkirakan akan meningkat 14,2 persen dibanding tahun sebelumnya.

Data dari Kemenhub memprediksi sekitar 123,8 juta orang akan melakukan perjalanan mudik lebaran tahun ini. Faktor peningkatan jumlah pemudik ini disebabkan oleh pencabutan sejumlah larangan terkait COVID-19 yang sebelumnya diterapkan.

“Dan hal tersebut bila dibandingkan tahun 2022 meningkat 14,2 persen,” kata Dedi di Hotel Grand Kemang, Selasa (28/3/2023)

Dalam dialog publik yang diadakan dengan tema ‘Keterjangkauan Pangan, Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Publik Jelang mudik Lebaran 2023’, Dedi menjelaskan bahwa pencabutan status PPKM, masuknya pra endemi, pemulihan perekonomian, tidak adanya pembatasan perjalanan, dan peningkatan persepsi positif dari masyarakat terhadap penyelenggaraan angkutan lebaran pada tahun 2022 menjadi faktor utama yang memengaruhi peningkatan jumlah pemudik.

Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan layanan masyarakat yang berkaitan dengan persiapan sarana prasarana transportasi publik dan ketersediaan distribusi pangan, pihak kepolisian dan pemerintah sedang mematangkan sejumlah persiapan untuk mengawal pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran tahun ini.

Baca Juga   Sinergitas Kejaksaan dan TNI Optimalkan Penegakkan Hukum dan Disiplin Prajurit

( AWY E )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *