JAJARAN KOLINLAMIL HARUS TINGKATKAN NALURI TEMPUR DAN INTELIJEN

Jakarta, 10 Oktober 2018 ——- Perwira Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dituntut harus selalu meningkatkan naluri tempur dan kewaspadaan intelijen, baik di Staf maupun di Kapal Perang. Demikian  dikatakan Asisten Intelijen (Asintel) Pangkolinlamil Kolonel Laut (E) Bambang Suseno Indro P. dalam pembekalannya kepada seluruh Perwira Kolinlamil di gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok  Jakarta, Rabu (10/10).

Advertisements

Pembekalan kepada perwira Kolinlamil dari strata Letda hingga Mayor tersebut bermaterikan tentang intelijen maritim dan pengamanan markas.

Asintel  Pangkolinlamil yang didampingi Paban pamgal Letkol laut (KH) Gusrial, S.H. dan Mayor Laut (S) R.D Dodi Dharmawan lebih lanjut mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang terprogram yang dilaksanakan oleh Staf intelijen Kolinlamil dan merupakan perintah Panglima Kolinlamil Laksda TNI R. Achmad Rivai, S.H., M.M. untuk menciptakan peningkatan naluri kewaspadaan dan intelijen di lingkungan Kolinlamil.

Secara khusus ia menekankan pada Pengawak KRI, utamanya KRI yang sedang lego, agar selalu mengadakan pengawasan dan penjagaan secara cermat selama 24 jam untuk menghindari bahaya sabotase dan teror, dan bahaya lainnya yang bisa mengancam.

Baca Juga   Pamenwas Polres Metro Jakarta Barat Pimpin Apel gabungan Operasi Cipta Kondusif

Pada kesempatan itu juga dipaparkan tentang intelijen maritim terkait tugas tugas perwira KRI saat melaksanakan operasi laut untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dari ancaman dan gangguan pihak lain baik yang bersifat gangguan keamanan maupun terhadap Negara.

Sementara itu Paban Pamgal Sintel Kolinlamil memaparkan masalah pengamanan yang menjelaskan bagaimana mencegah, Mengantisipasi dan Mengagalkan adanya  usaha Tindakan atau Pengumpulan data  oleh pihak lawan baik dari eksternal maupun internal. Sedangkan pengamanan markas merupakan Pengamanan yang dilakukan dimarkas/ksatrian dari berbagai macam ancaman baik dari eksternal atau Internal yang ditimbulkan baik oleh manusia, alam maupun hewan/binatang.

Pembekalan intelijen maritim dan pengamanan markas ini merupakan salah satu program kerja dari Staf Intelijen Kolinlamil untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada jajaran Kolinlamil khususnya perwira. ( lisin).