Lantamal XII Gelar Baksos Kesehatan Dan Penyuluhan Keselamatan Pelayaran Di Pulau Lemukutan

Jakarta, 28 Agustus 2018,– Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Greg Agung W.D., M.Tr (Han) didampingi Ketua Korcab XII DJA I Ny. Widya Agung meninjau kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan dalam rangka memperingati HUT Ke-3 Lantamal XII di Desa Lemukutan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat.

Advertisements

KRI Torani-860 yang membawa rombongan Danlantamal XII tiba di Dermaga Lemukutan Kabupaten Bengkayang disambut dengan pengalungan bunga selamat datang oleh Kepala Desa dan Tarian Jepin Melayu serta Rebana dari Warga Desa Lemukutan Sungai Raya Kepulauan.

Bhakti sosial kesehatan yang dilaksanakan selama dua hari di Desa Lemukutan Sungai Raya Kepulauan oleh Lantamal XI bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Pontianak, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pontianak, Persatuan Dokter Spesialis Bedah Umum Indonesia (PABI) Pontianak, Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Pontianak, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Pontianak, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Mempawah, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kubu Raya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bengkayang, Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang, Dinas Kesehatan Lantamal XII, Basarnas Pontianak, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pontianak. Juga melibatkan dukungan dua unsur Satrol Lantamal XII Pontianak yakni KRI Torani-680 dan KAL Lemukutan, serta Pramuka Saka Bahari Binaan Dispotmar Lantamal XII.

Baca Juga   Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Nurul Islam Grogol Dihadiri Tiga Pilar Kec. Gropet

Bhakti sosial kesehatan meliputi Poli Umum, Poli Gigi, Poli Mata, Poli Kandungan, Poli Bedah, Khitanan, dan Pelayanan Apotek. Selain itu, juga dilaksanakan penyuluhan tentang keselamatan dan keamanan pelayaran yang disampaikan nara sumber KSOP Pontianak, guna memberikan pengetahuan betapa pentingnya keselamatan dan keamanan pelayaran untuk menunjang kelancaran transportasi laut agar para nelayan memperhatikan kelengkapan navigasi, surat-surat kapal, maupun kelengkapan keselamatan pelayaran berupa pelampung maupun swimvest, serta pemberian bantuan 100 buah Swimvest oleh Danlantamal XII kepada perwakilan nelayan, dan bantuan bahan kontak sebagai tali asih dari Ketua Korcab XII DJA I Ny. Widya Agung kepada warga Desa Pulau Lemukutan.

Pada kesempatan tersebut, Danlantamal XII Pontianak mengatakan bahwa pelaksanaan Bhaksos Kesehatan dalam rangka HUT Ke-3 Lantamal XII sengaja diadakan di Pulau Lemukutan yang merupakan salah satu Desa Pesisir Binaan Lantamal XII karena warga Pulau Lemukutan mayoritas masyarakat nelayan membutuhkan peningkatan kesejahteraan di bidang kesehatan yang mana desa ini masih mimim pelayanan kesehatan meskipun sudah ada puskesmas.

Baca Juga   Kapolsubsektor Jelambar 1 Pimpin Apel Serah Terima Piket Di Polsek Tanjung Duren

“Semoga kehadiran kita disini dapat memberikan manfaat dan mengurangi beban masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan. Terimakasih atas bantuan semua pihak atas terselenggaranya kegiatan Bhakti kesehatan ini dalam rangka memperingati HUT Ke-3 Lantamal XII Pontianak”, ujar Danlantamal XII. ( lisin).