Tingkatkan Jiwa Nasionalisme, Lanal TBK Gelar Pelatihan Bela Negara Kepada Pelajar

Jakarta, 18 Juli 2018,– Dalam rangka menumbuhkan sikap disiplin dan menanamkan rasa cinta pada tanah air, Lanal Tanjung Balai Karimun melalui personel Staf Potensi Maritim (Spotmar) melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) berupa Pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) kepada pelajar Madrasah Aliyah Negeri Karimun, Selasa (17/7).

Advertisements

Adapun pelatihan PBB dimaksudkan untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan dan disiplin sehingga selalu dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan pribadi disamping juga menanamkan rasa tanggung jawab. Sedangkan PKBN bertujuan untuk menumbuh kembangkan dan menanamkan rasa cinta pada tanah air agar para pelajar dapat memahami dan berperilaku yang sadar dengan hak dan kewajibannya dalam upaya bela negara.

Materi kegiatan pelatihan PBB yang diberikan meliputi PBB ditempat maupun PBB berjalan diantaranya dari penghormatan, hadap kanan/kiri, balik kanan/kiri, jalan ditempat, langkah tegap, melintang kanan/kiri, defile dan lain lain. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mental para siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Karimun untuk lebih siap dan lebih mandiri lagi.

Baca Juga   Lanal Tarempa Berhasil Temukan Kapal MY. Kribien II Yang Diduga Hilang Kontak

Sedangkan materi yang diberikan pada pembekalan bela negara dan cinta NKRI meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Kegiatan tersebut diikuti 120 siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Karimun dan dihadiri oleh Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Karimun M. Khairun, S.Ag., serta guru pengasuh Rizky Shaleh, S.Pd dan Darmawan, S.Pd.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan agar sikap dan perilaku sebagai warga negara tetap memelihara rasa kebanggaan yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, yakin akan Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan memiliki kemampuan awal bela negara. ( lisin)