Gencar Sosialisasi Karhutlah Kodim 0911/Nnk Mengudara Bersama RRI

SIDIKPOST | NUNUKAN – Pagi tadi pukul 09.00 wita (04/03), bertempat di Studio Pro 1 Kantor RRI Nunukan Jl. Hassanudin Kel. Selisun Kec. Nunukan Selatan Kab. Nunukan Prov. Kaltara Kodim 0911/Nnk bersama Polres Nunukan telah berlangsung dialog interaktif pagi Nunukan Menyapa yang diisi oleh Komandan Kodim 0911/Nnk, Polres Nunukan, BMKG Nunikan dengan RRI Nunukan.

Advertisements

Pembahasan dalam dialog yakni tentang penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Nunukan.

Komandan Kodim 0911/Nnk Letnan Kolonel Czi Abdillah Arif, S.I.P yang hadir langsung pada dialog tersebut juga didampingi oleh Kasubag Humas Polres Nunukan Iptu M. Kariyadi, Kepala BMKG Nunukan Abdul Haris Zulkarnaen, Kabid BMKG Nunukan Taufiqurahman dan Reporter RRI Nunukan Rusdi.

Dandim menegaskan bahwa kebakaran lahan tersebut sementara sejauh ini ada dua faktor, yang pertama dikarenakan murni kondisi cuaca ekstrem dan faktor perbuatan manusia dalam hal ini membuka lahan kebunnya.

“Wilayah kita provinsi Kaltara khususnya di Kabupaten Nunukan ini memiliki kerawanan selama musim Panas seperti halnya Kebakaran lahan. TNI bersama Polri akan selalu siap sedia membantu Pemerintah dan masyarakat dalam rangka antisipasi musibah atau bencana Karhutlah tersebut”, ucap Dandim.

Baca Juga   jajaran polsek Tanjung Duren Pertebal pengamanan Di tempat- tempat Ibadah

“Kami juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar lebih bijak dalam mengelola lingkungan dan lahan masing-masing, karena saat ini masih musim panas sehingga rawan sekali kebakaran. Kemudian jika ada terjadi kebakaran lahan agar masyarakat segera menginformasikan ke aparat setempat sehingga bisa segera diatasi dengan cepat”.

Kabid BMKG Nunukan juga mengutarakan hal yanag berkaitan yakni Penyebab kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yaitu cuaca panas dan musim kering yang melanda Provinsi Kaltara dan di sejumlah daerah rawan karhutla. Karena itu, BMKG Nunukan mengimbau masyarakat agar berhati-hati membuang sumber api pada sembarangan tempat dan tidak membakar lahan perkebunan apabila tidak diawasi.

Kebakaran lahan sempat terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Nunukan namun berkat kesigapan aparat TNI – Polri dan instansi terkait lainnya serta peran aktif warga masyakarat sekitar yang melakukan pemadaman secara manual sehingga api cepat dapat dikendalikan.

Kegiatan sosialisasi ini akan terus digalakan sehingga Karhutla yang saat ini sering terjadi diwilayah Kab Nunukan dan beberapa tempat di wilayah Kaltara, RRI bersama pihak terkait memberikan himbauan dan informasi penting terkait hal tersebut sehingga penanganan musibah kebakaran bisa diantisipasi dengan cepat. ( Red).