Kakorlantas Polri Pastikan Kesiapan Rekayasa Lalu Lintas untuk Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023

SIDIKPOST | Jakarta – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen. Pol. Firman Shantyabudi memastikan kesiapan rekayasa lalu lintas untuk menghadapi arus mudik dan arus balik pada Hari Raya Idul Fitri 2023.

Advertisements

Menurut Firman, pihaknya telah melakukan survei dan koordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan kesiapan rekayasa lalu lintas apabila terjadi kepadatan dan kecelakaan di jalur mudik. Firman ingin pemudik merasa nyaman dan aman serta terhindar dari kemacetan dan kecelakaan saat mudik maupun arus balik lebaran.

“Sesuai arahan Bapak Kapolri, kami telah menyiapkan dengan matang segala rekayasa arus lalu lintas apabila terjadi kepadatan dan kecelakaan yang mengakibatkan antrean panjang, baik di tol, arteri, maupun jalur penyeberangan,” ujar Firman dalam keterangannya, Rabu (15/3/2023).

Firman mengungkapkan, penempatan posko-posko mudik juga sedang dalam proses pematangan. Titik rawan kepadatan dan kecelakaan menjadi tolok ukur pertimbangan penempatan posko mudik dan personel.

“Kami akan semakin mematangkan persiapan ini mengingat berdasarkan survei Kemenhub, tahun ini akan ada 128,3 juta orang yang melakukan mudik,” tambahnya.

Baca Juga   Urun Rembuk Media "Membangun Destinasi Wisata Halal di Banten"

“Jadi, kami sangat memperhatikan antisipasi kerawanan, titik rawan, jumlah posko, serta ketersediaan personel dengan berkoordinasi bersama stakeholder terkait,” lanjut Firman.

Korlantas juga telah melakukan survei ke beberapa ruas jalan, termasuk Pantai Selatan Banten hingga DIY, Pantai Utara Jakarta hingga Semarang, jalan tol Jakarta-Surabaya, serta jalur menuju Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.

( AWY E )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *