Ketahanan Pangan, Bupati Kab Tangerang Hadiri Panen Ikan Nila dan Padi

SIDIKPOST | Kab Tangerang, TANGERANG – Kelompok Tani Encle Citra Mandiri di Desa Buaran Bambu Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang, panen ikan nila dan padi hasil mina padi. Dalam waktu tiga bulan, mereka sudah panen 4 kuintal ikan nila dan 4 ton padi dalam areal yang dibudidayakan seluas 0,5 ha.

Advertisements

Penyuluh Pertanian Khaerul Tri Sunu, S.PKP selaku petugas penyuluh pertanian pendamping di Kelompok Tani Encle Citra Mandiri, mengatakan, budi daya mina padi memanfaatkan lahan sawah seluas 5.000 meter persegi. Varietas padi yang digunakan ciherang dan bibit nila 2.000 ekor. Sistem mina padi memiliki dampak positif dan keuntungan, di antaranya, mengurangi biaya pemeliharaan seperti pemupukan dan penyiangan yang hanya dilakukan sekali. Keuntungan lain yaitu berkurangnya serangan hama dan penyakit dari semua itu secara otomatis hasil produksi padi dan ikan akan maksimal sehingga pendapatan petani meningkat.

Dalam waktu 82 HST tanam padi sudah siap di panen. Selain itu, padi yang dihasilkan adalah padi organik yang lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida kimia dan untuk ikan nila sekarang baru tiga bulan umur ikannya tapi hasilnya sudah bagus,” jelas dia.
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Asep Jatnika mengatakan dengan adanya Demplot mina padi ini, petani akan sema pendampingan. Selain itu, konsep mina padi yang sukses ini bisa ditularkan ke Kecamatan lain yang memiliki kecukupan air.

Baca Juga   Kelurahan Kosambi Barat Salurkan 697 Bantuan Beras Program PPKM Tahun 2021

“Semoga para petani khususnya di area yang memiliki kecukupan air saya berharap bisa mengikuti apa yang sudah di buat atau menjadi pilot projek yang ada di Kecamatan Pakuhaji, sehingga nantinya dapat meningkatkan ekonomi para petani,” tuturnya. ( SDP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *