Pangkoarmada I Adakan Kunjungan Kehormatan Kepada COS Naval Staff RSN dan Peninjauan IFC Singapore

Singapore, 12 Nopember 2018,– Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., melaksanakan kunjungan kehormatan (Courtesy Call) kepada Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Republic of Singapore Navy (RSN) Cos-NS (Chief of Staff Naval Staff) RADM Timothy Lo di Changi Singapura, Senin (12/11).

Advertisements

Dalam kunjungan tersebut, Pangkoarmada I membahas hubungan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik selama ini dan dapat ditingkatkan lebih baik lagi. Untuk membangun kerjasama yang baik antara Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut Singapura, pada pertemuan tersebut juga membahas tentang peningkatan kerjasama dalam bidang pertahanan didalam menghadap issue saat ini, peningkatan keamanan pada saat Asian Summit antara kedua negara, pelaksanaan latihan gabungan antara kedua negara, dan kerjasama maritim dalam bentuk sharing informasi, serta peningkatan keamanan wilayah laut kedua negara.

Kegiatan kunjungan Pangkoarmada I ke Singapura merupakan rangkaian kegiatan Port Visit 2018, dimana kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana berinteraksi dan diskusi terkait dalam hubungan kerjasama antara Angkatan Laut Malaysia, Singapura, Thailand dan Brunei Darussalam baik aspek operasional maupun latihan yang nantinya dapat memberikan masukan kepada pimpinan dalam peningkatan profesionalisme TNI AL.

Baca Juga   Beginilah Antusiasisme Siswa MTsN 1 Balikpapan Diajar Pakai Pendekatan MIKIR

Kegiatan Port Visit 2018 juga mengemban misi dalam mendukung Pemerintah untuk melaksanakan promosi pariwisata dan kebudayaan serta promosi Alutsista produksi industri strategis Indonesia. Selain itu kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana interaksi antara personel TNI AL dengan personel Angkatan Laut negara-negara yang dikunjungi untuk mempererat hubungan bilateral Angkatan Laut dalam rangka memelihara hubungan antar negara khususnya dengan negara-negara yang memiliki hubungan bilateral dengan Indonesia, atau yang memiliki kerjasama dengan TNI/TNI Angkatan Laut maupun negara-negara yang berpotensi sebagai pasar bagi industry pertahanan strategis Indonesia serta negara-negara yang berpotensi besar bagi promosi pariwisata Indonesia.

Pada Port Visit tahun 2018 ini, TNI AL mengirimkan 2 unsur kapal perang yakni KRI Bung Tomo-357 dan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 untuk melaksanakan kunjungan ke 4 negara yakni Changi (Singapura), Lumut (Malaysia), Thailand dan Brunei Darussalam.

Selain melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Republic of Singapore Navy (RSN), Pangkoarmada I beserta rombongan juga berkesempatan meninjau fasilitas yang terdapat di Information Fusion Centre (IFC) Singapura. Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada I mendapatkan arahan dan penjelasan bagaimana IFC beroperasi dan berkoordinasi dengan seluruh negara yang memiliki hubungan kerjasama dengan IFC.

Baca Juga   PANGKOLINLAMIL HADIRI WORKSHOP KESEHATAN TNI AL 2019

Pada kunjungan kerjanya ke Singapura dalam rangka For Visit Jala Garda Pati 2018, Pangkoarmada I didampingi oleh Danguspurla Koarmada I, Danguskamla Koarmada I, Asrena Pangkoarmada I, Asintel Danguskamla Koarmada I, Komandan KRI Bung Tomo-357 selaku Dansatgas Jala Garda Pati, dan Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai-332.( Lisin).