DUKUNG PELESTARIAN LINGKUNGAN DESA PESISIR, LANAL TBK TANAM RATUSAN POHON DI KABUPATEN KARIMUN

Jakarta, 4 Nopember 2018,– Dalam rangka untuk melestarikan lingkungan hidup, Lanal Tanjung Balai Karimun melaksanakan penanaman pohon mangga dan pohon jambu sebanyak 600 bibit di Halaman Gedung Serbaguna Desa Pesisir Teluk Setimbul Laut, Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (4/11).

Advertisements

Kegiatan diawali dengan penanaman bibit pohon secara simbolis dan dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon secara serentak di Desa Teluk Setimbul oleh Prajurit Lanal TBK dan Pecinta Lingkungan Hidup. Kegiatan penanaman pohon mengangkat Tema “Penanaman Bibit Pohon Mangga dan Pohon Jambu Bersama Lanal TBK, Dinas Lingkungan Hidup dan Pecinta Lingkungan Dalam Rangka Melestarikan Lingkungan Hidup di Desa Pesisir Kabupaten Karimun”.

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro dalam sambutannnya menyampaikan bahwa Gerakan penanaman pohon merupakan program unggulan Pemerintah untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan termasuk mengantisipasi pemanasan global dan untuk melestarikan lingkungan hidup yang sehat. Kami mengajak seluruh komponen Masyarakat Kabupaten Karimun untuk mendukung program Pemerintah dengan melakukan penanaman bibit pohon mangga dan jambu sebanyak 600 bibit di Desa Pesisir Kabupaten Karimun Wilayah kerja Lanal TBK. Kelestarian lingkungan hidup berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan hasil yang bermanfaat.

Baca Juga   Bhabinkamtibmas Kelurahan Wijaya Kusuma hadiri Undangan Rapat Koordinasi di Kantor Kecamatan Grogol Petamburan

Lebih lanjut disampaikan bahwa lahan yang terlihat gersang dan hutan banyak yang rusak akibat musin hujan dan banjir, sebaliknya pada musim kemarau mengalami kekeringan, ini pertanda bahwa kondisi hutan dan lingkungan sudah rusak. Untuk itu, kewajiban Kita menjaga kelestarian harta anak cucu Kita. Prinsip kelestarian, laju kerusakan hutan harus kita cegah sampai ambang batas minimal. Kita harus prihatin, bahwa hutan kita mengalami kerusakan yang luar biasa. Kondisi buruk itu tidak boleh dibiarkan dan harus kita hentikan, mulai dari sekarang kita harus perangi secara terus-menerus hingga akhirnya hutan itu menjadi lestari. Sumber daya hutan dan lingkungan hidup merupakan bagian tidak terpisahkan dari pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya bangsa kita. Kegiatan penanaman ini tidak boleh hanya berhenti pada proses penanaman, tetapi juga harus ditindaklanjuti dengan gerakan pemeliharaan tanaman.

Kegiatan dihadiri oleh Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, S.E., M.Tr.Hanla, Dinas Lingkungan dan Kehutanan Provinsi Kepri Riko, Kasi Rehabilitasi dan Penghijauan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun Syahrudin, S.Pi., Dinas Pertanian Kabupaten Karimun Ibu Tutik, Bappeda Kabupaten Karimun, Lurah Pasir Panjang, RW dan RT Kelurahan Pasir Panjang, Komunitas Pecinta Lingkungan Karimun, Pramuka Saka Bahari.( Lisin).