Ceramah Kesehatan Demam Berdarah Dan Penyuluhan Pembinaan Keluarga Untuk Prajurit Dan PNS Lantamal II Padang

Jakarta, 12 Juli 2018, Dalam rangka memperingati HUT ke 12 Lantamal II Padang pada tanggal 1 Agustus 2018, Dinas Kesehatan (Diskes) berkolaborasi dengan Dinas Administrasi Personil (Disminpers) Lantamal II berikan ceramah kesehatan demam berdarah (Dengue) dan penyuluhan pembinaan keluarga kepada prajurit dan PNS Lantamal II Padang di Gedung Nanggala Mako Lantamal II Padang , Kamis, (12/7).

Advertisements

Mengingat cuaca yang kurang baik di Sumatera Barat dan curah hujan yang cukup tinggi, seperti pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, maka Lantamal II untuk mencegah terjangkitnya suatu penyakit antara lain demam berdarah (Dengue). Untuk sesi pertama disampaikan ceramah kesehatan dan pada sesi kedua dilanjutkan dengan penyuluhan pembinaan keluarga
prajurit dan PNS.

Dalam ceramah kesehatan yang disampaikan oleh Letda Laut (K) dr. HendraNuryanto menyampaikan bahwa demam dengue atau yang dikenal secara umum oleh masyarakat Indonesia sebagai demam berdarah merupakan penyakit yang dapat membuat suhu tubuh penderita menjadi sangat tinggi dan pada umumnya disertai sakit kepala, nyeri sendi, otot, dan tulang, serta nyeri di bagian belakang mata.

Baca Juga   Wakapolres Jakbar Hadiri Launching Kampung Kerukunan di Rawa Buaya

Sebetulnya demam dengue dan demam berdarah merupakan dua kondisi yang berbeda, namun sebagian besar masyarakat Indonesia sudah terlanjur salah kaprah. Demam berdarah atau dengue hemorrhagic fever (DBD) merupakan komplikasi dari demam dengue (dengue fever) yang memburuk. Gejala DBD tergolong parah (meskipun pada fase ini panas tubuh mengalami penurunan) diantaranya adalah kerusakan pada pembuluh darah dan kelenjar getah bening, muntah-muntah yang disertai darah, keluarnya darah dari gusi dan hidung, napas terengah-engah, dan pembengkakan organ hati yang menyebabkan nyeri di sekitar
perut “tambah Hendra.

Pada sesi penyuluhan tentang pembinaan keluarga, disampaikan oleh Pabanspers Lantamal II Padang Letkol Laut (PM) Syafrizal, S.H. Pembinaan terhadap keluarga Prajurit dan PNS Lantamal II merupakan bagian dari kepedulian Komando Atas dan pembinaan personel untuk mewujudkan mental seorang prajurit dan PNS yang handal. Tujuannya adalah agar setiap tindakan prajurit dan PNS dilandasi moral, semangat, dan motivasi yang tinggi, sehingga terbentuk insan prajurit dan PNS yang bertumpu pada jati dirinya yang telah terbina secara serasi, selaras, serta seimbang serta terbentuknya keluarga yang harmonis.

Baca Juga   Kapolsubsektor Jelambar 14 Atur Lalu lintas di Jalan Tubagus Angke Raya,

Pembinaan mental yang bertujuan agar setiap prajurit TNI dalam melaksanakan tindakannya senantiasa dilandasi moral, semangat dan kesadaran yang tinggi serta diarahkan untuk membentuk insan prajurit yang bertumpu pada jati dirinya. Harmonisasi dengan rakyat juga di jalin setiap hari karena bersama rakyat TNI kuat, hebat, profesional, dan siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Pelaksanaan kegiatan pembinaan keluarga tersebut bermaksud agar prajurit dan PNS Lantamal II Padang, mampu meningkatkan disiplin, dedikasi, dan loyalitas, sebagai jati diri TNI guna mengurangi pelanggaran. ( lisin )