JELANG MALAM PERGANTIAN TAHUN, BASARNAS JAKARTA TINGKATKAN SIAGA DAN SAR MOBILE DI WILAYAH JABODETABEK HINGGA KEPULAUAN SERIBU

SIDIKPOST| Tangerang – Libur akhir tahun merupakan salah satu momen yang dinantikan bagi masyarakat untuk berlibur bersama rekan sejawat, handai tolan dan juga keluarga.

Advertisements

Berbagai tempat wisata di wilayah Jabodetabek bahkan Sukabumi hingga Pantai Pelabuhan Ratu dan Kepulauan Seribu juga banyak diminati oleh Warga Jakarta dan sekitarnya.

Hal ini menjadi konsentrasi bagi Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta untuk menempatkan personilnya di beberapa titik rawan yang ada di wilayah kerjanya. Potensi kepadatan jumlah pengunjung wisata menjadi perhatian sebagai tindak antisipasi maupun kesiapsiagaan terhadap hal-hal yang dapat membahayakan jiwa manusia.

“Mulai dari H-7 Natal hingga jelang malam pergantian tahun nanti, kita sudah siagakan personil di beberapa titik rawan yang berpotensi membahayakan jiwa manusia dengan melakukan koordinasi kepada semua unsur sebagai bentuk sinergitas kami dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat.” tegas Hendra Sudirman, S.E., M.Si., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta.

Ia juga menambahkan beberapa titik yang menjadi konsenterasi penempatan personil rescuer berada di Pelabuhan Kali Adem sebagai titik konsenterasi massa yang akan merayakan tahun baru di Kepulauan Seribu, Persimpangan Gadog (Puncak) yang merupakan titik konsenterasi massa yang akan merayakan di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, kemudian Bandara Soekarno Hatta yang merupakan titik konsenterasi massa yang akan berpergian ke luar daerah DKI Jakarta dan sekitarnya, Kawasan wisata Pantai Pelabuhan Ratu yang merupakan titik destinasi konsenterasi pengunjung wisata terbesar setelah puncak dan tidak kalah pentingnya adalah Pulau Pramuka dimana daerah ini adalah titik konsenterasi massa terbesar juga karena merupakan destinasi bagi para wisatawan yang berasal dari DKI Jakarta dan Tangerang, dimana hasil pemantauan dari personil unit Pos SAR Kepulauan Seribu sudah ada sekitar kurang lebih 2.981 orang yang sudah masuk melalui Pulau Pramuka.

Baca Juga   Hari Ketiga Pencarian Juru Mudi KM Bone l, Terhalang Gelombang Tinggi

Di lain hal, Senin (30/12) pagi sekitar pukul 09.00 WIB Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi juga melakukan pemantauan udara dengan menggunakan Hellycopter menuju Gadog, Puncak, Bogor. Beliau juga melakukan pemantauan jalur wisata di Persimpangan Gadog bersama seluruh stakeholder termasuk personil Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta yang sedang melakukan mobile di kawasan tersebut.

Kepadatan jumlah kendaraan juga terjadi di daerah Gadog mendekati H-1 perayaan malam pergantian tahun 2019-2020. Hendra Sudirman juga menambahkan dalam pesannya agar seluruh pengunjung wisata selalu meningkatkan kewaspadaan dalam melakukan perjalanan, selalu mengikuti rambu dan marka jalan serta memperhatikan alat-alat keselamatan diri apabila sedang menikmati objek wisata alam baik di pantai maupun di perjalanan sekalipun karena keselamatan adalah tanggung jawab dari pribadi masing-masing kemudian apabila membutuhkan layanan SAR 24 jam bisa menghubungi Call Centre 115 Basarnas. ( Humas).