Lanal Dabo Singkep Tanam Ribuan Mangrove Bersama Pemerintah Daerah

Jakarta, 16 Mei 2018– Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dabo Singkep bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga Kecamatan Singkep Barat dan Desa Kuala Raya menggelar Penanaman Mangrove bertempat di Desa Kuala Raya, Kecamatan Singkep Barat, Rabu (16/5).

Advertisements

Kegiatan diawali dengan Pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Do’a, Sambutan Camat Singkep Barat, Sambutan Komandan Lanal Dabo Singkep yang diwakili oleh Paspotmar, Sambutan Bupati Lingga yang diwakili oleh Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan. Kegiatan dilanjutkan dengan Penampilan Tari Zapin dan Joget Singapura oleh Siswa SD 002 Singkep Barat.

Puncak dari acara tersebut adalah penanaman mangrove secara Simbolis oleh Asisten 2, Paspotmar Lanal Dabo Singkep, Sekretaris Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga, Camat Singkep Barat, Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup, Perwakilan dari Koramil Dabo, Kades Kuala Raya. Selanjutnya dilakukan penanaman bibit mangrove tahap pertama sebanyak 2.000 pohon dari 10.000 pohon yang direncanakan. Penanaman dilakukan oleh kurang lebih 100 orang terdiri dari Anggota Lanal Dabo Singkep, Pramuka, Koramil Dabo, Kecamatan Singkep Barat, Masyarakat Kuala Raya, Bhabinkamtibmas (Polri), Satpol PP dan Linmas.

Baca Juga   Lanal Nias Gelar SAR Speed Boat Hilang Kontak di Pulau Tello Nias.

Tujuan dari kegiatan penanaman mangrove ini disamping untuk memperkokoh kemanunggalan TNI dan masyarakat juga untuk memupuk kerjasama antara Lanal Dabo Singkep, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga, Pemerintah Daerah dan Masyarakat dalam rangka menciptakan lingkungan masyarakat yang indah dan asri serta untuk menahan abrasi daerah pantai yang diakibatkan oleh gelombang air laut, ujar Danlanal Dabo Singkep.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program kerja pembinaan Dinas Potensi Maritim Lanal Dabo Singkep Tahun 2018, imbuh Danlanal.