Berantas Demam Berdarah, Diskes Lantamal XII Pontianak Laksanakan Fogging

SIDIKPOST| Pontianak, 14 Februari 2019,– -Dalam rangka menjaga dan mencegah kesehatan prajurit dan keluarga, Dinas Kesehatan (Diskes) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak melaksanakan Fogging/Pengasapan yang dilaksanakan di Rumdis Jalan Sulawesi, Rumdis Siantan, Mess Transit Kemuning, Mako Lantamal XII Pontianak, Kompleks Pamen, Kompleks dan Flat, Mess Ba/Ta, Rabu (13/2).

Advertisements

Kegiatan fogging ini dilaksanakan untuk mencegah berkembangnya jentik-jentik nyamuk Demam Berdarah (DBD), dikarenakan perubahan cuaca hujan yang tidak menentu, tidak mengalir dan terjadi genangan air, yang menimbulkan bersarangnya bibit bibit jentik nyamuk. Pelaksanaan fogging dimulai dari pengasapan lorong genangan air, tempat sampah, ruangan disekitar perumahan dinas, serta taman-taman disekitarnya.

“Dilaksanakananya fogging ini guna menghindari dan mencegah berkembangnya jentik-jentik nyamuk demam berdarah (DBD) atau yang lebih di kenal dengan nama nyamuk Aedes Aegypta. Prajurit dan keluarganya di lingkungan Komplek TNI AL diharapkan melaksanakan program pemerintah yaitu Program 3 M (Menutup, Mengubur dan Menguras),” terang Perwira Urusan Poli Gigi Diskes Lantamal XII Lettu Laut (K) drg. Syawaludin Boy.

Baca Juga   Batalyon Infanteri 9 Marinir/Beruang Hitam Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan Poltekes Kemenkes Tanjung Karang 2019

Kegiatan fogging juga dilaksanakan di Lantamal XII Wajok. Kegiatan melibatkan dua Tim Fogging dari Dinas Kesehatan yang dipimpin oleh Perwira Urusan Poli Gigi Diskes Lantamal XII Lettu Laut (K) drg. Syawaludin Boy. Ia juga menghimbau agar seluruh prajurit dan keluarga Lantamal XII Pontianak untuk lebih waspada dan cepat mengetahui gejala awal Demam Berdarah (DBD) yang ditandai dengan badan menggigil, nyeri kepala saat menggerakkan bola mata dan pinggang. Gejala lainnya, yaitu kesakitan pada tungkai dan persendian akan terjadi beberapa jam sejak gejala deman dengu mulai di rasakan, suhu tubuh akan meningkat dengan cepat meninggi 40 derajat celcius dengan detak nadi yang normal serta tekanan darah cenderung turun, bola mata mengalami kemerahan, kelenjar pada leher dan tenggorokan terkadang ikut membesar.

Dalam kegiatan Fogging tersebut, turut hadir Kaur Kurehab Diskes Lantamal XII Kapten Laut (K/W) dr. Fransiska Lidia H, Paur Polgi Diskes Lantamal XII Lettu Laut (K) drg. Syawaludin Boy S dan anggota Diskes Lantamal XII Pontianak. ( RED).