Keracunan Asap Genset, Tiga Wanita Meninggal Dunia Di Kukar

Kukar – Suasana di Kelurahan Muara Jawa Pesisir, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (27/12/2018) pagi mendadak ramai. Isak tangis terdengar di sebuah konter handphone bernama “ Galery Ponsel ” yang terletak di Jalan A Yani, Handil 2.

Advertisements

Belakangan diketahui, terdapat tiga wanita di dalam konter handphone tersebut ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

“ Ketiga korban meninggal akibat keracunan asap genset atau monoksida ketika tidur,” ucap Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, didampingi Kapolsek Muara Jawa AKP Agus Arif Wijayanto kepada wartawan, Kamis siang.

Tiga wanita yang meninggal itu bernama Gustiana Sri Harwati (28) beserta anaknya Kenzie Derre Yanto Putra (4) dan seorang karyawan di konter handphone bernama Ela Ermawati Putri (19), semuanya warga Muara Jawa. Bahkan ungkap Agus, janin berusia 7 bulan di dalam kandungan Gustiana juga meninggal.

Mengenai kejadian itu, petugas Polsek Muara Jawa baru mendapatkan akan kejadian itu sekitar pukul 09.00 wita. Kemudian Kapolsek beserta Kanit Reskrim Ipda Dedi dan personel langsung mendatangi lokasi kejadian bersama dokter dari Puskesmas Muara Jawa guna melakukan visum luar.

Baca Juga   Polsek Tambora Jakbar Tangkap Kawanan Pembobol Unit Apartemen

“ Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter tidak ada tanda-tanda kekerasan, namun  pada hidung ketiga korban mengeluarkan cairan. Kemudian pada kulit dan mulut ketiga berwarna merah muda seperti ciri-ciri orang keracunan monoksida,” ucap Agus.

Agus menerangkan, saat kejadian ini terjadi suami Gustiana sedang berada di Malaysia mengantarkan anak pertamanya berobat. Sehingga Gustiana dan Kenzia Rabu (26/12/2018) malam itu menginap di konter handphone ditemani Ela, salah satu karyawannya.

Ternyata malam itu menjadi malam terakhir bagi ketiga wanita tersebut. Terjadi pemadaman listrik oleh PLN sejak pukul 22.00 wita hingga 02.00 wita atau selama 4 jam, sehingga Gustiana menyalakan genset dan ketiganya meninggal akibat terhisap asap atau racun monoksida yang berasal dari genset ketika tidur.

Usai dievakuasi sekitar pukul 09.30 wita, jasad Gustiana dan Kenzia disemayamkan di konter tersebut, sementara jasad Ela dibawa ke rumah duka di Gang Apel, Muara Jawa. Dengan kejadian ini, Agus menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam menggunakan genset. Pungkas Agus. ( ls/is/Wr).