Pusat penyelamatan Satwa ( PPS) Tegal Alur Jakarta kirim 6 ekor lutung Jawa Ke JLC-TAF IP Malang Jawa Timur

Sidikpost.com-Jakarta Barat—Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tegal Alur yang berada dibawah pengelolahan BKSDA Jakarta siang tadi menggelar jumpa pers pada awak media Senin ( 17/12/2018) di media center BKSDA Tegal Alur Jakarta.

Advertisements

Direktorat Ienderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Ditjen KSDAE KLHK) melalui Balai Konservasi Sumberdaya Alam Jakarta (BKSDA Jakarta) bekerjasama dengan jakarta Animal Aid Network (IAAN) berupaya mewujudkan aksi nyata penyelamatan satwa liar yang dilindungi melalui persiapan pelaksanaan translokasi 6 (enam) ekor lutung jawa (Trachypithecus au ratus) dari Pusat Penyelamatan Satwa Tegal Alur ke Pusat Rehabilitasi Iavan Langur Center The Aspinal Foundation Indone’siaProgram (JLC-TAF IP) di Coban Talun, Batu-Malang, Iawa Timur.

 Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tegal Alur yang berada di bawah pengelolaan BKSDA Jakarta berfungsi sebagai tempat perawatan sementara satwa liar djlindungi sebelum adanya penetapan penyaluran satwa (animal disposal) oleh Direktur Ienderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem (Dirjen KSDAE).

Satwa-satwa tersebut berasal dari hasil penyerahan sukarela masyarakat, temuan dan sitaan dari kegiatan penegakan hukum kejahatan terhadap satwa (animal crime). Selama dalam perawatan di PPS Tega] Alur, satwa dirawat sesuai prinsip kesejahteraan satwa (animal welfare). Saat ini tercatat 6 (enam) ekor lutung jawa yang berada di PPS Tegal Alur.

Baca Juga   Malam Natal, Kapolda dan Gubernur Cek Gereja Immanuel

Menurut Kepala balai KSDA Jakarta, Ahmad munawir,S,Hut bahwa Keenam lutung jawa tersebut berasal dari hasil penyerahan sukarela masyarakat. Sebagaimana diketahui lutung jawa merupakan salah satu satwa yang dilindungi dalam Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 1999.

Berdasarkan International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), lutung jawa termasuk dalam status Vulnerable (Rentan Kepunahan) dan terdaftar sebagai Appendix II dalam Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fau rm and Flora (CITES). Translokasi lutung jawa dari PPS Tegal Alur ke Pusat Rehabilitasi )avan Langur Center The Aspinal Foundation Indonesia Program (JLC-TAF IP) di Cohan Talun, Batu-Malang, Jawa Timur dilakukan untuk merehabilitasi satwa tersebut agar dapat beradaptasi kembali dengan perilaku alaminya sebelum dilakukan pelepas liar ke habitat aslinya.

“Secara keseluruhan rencana translokasi lutung jawa telah dipersiapkan dengan baik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan mulai dari kesediaan pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur dan Pusat Rehabilitasi Iavan Langur Center The Aspinal Foundation Indonesia Program (JLC-TAF IP) untuk menerima dan akan merawat satwa, serta pemeriksaan kesehatan satwa sebelum dilakukan translokasi.” Kata Kepala balai KSDA Jakarta, Ahmad munawir,S,Hut.

Baca Juga   Kapolda Lampung pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2018 dan pemusnahan barang bukti

Dirjen KSDAE telah memberikan persetujuan translokasi 6 (enam) ekor lutung jawa tersebut melalui surat nomor : 8.734/ KSDAE/ KKH/ KSA.2/ 12/2018 tanggal 6 Desember 2018 dan selanjutnya pihak BKSDA Jakarta juga telah menerbitkan Surat Angkut Tumbuhan dan Satwa Dalam Negeri (SATS-DN). Berdasarkan kesiapan seluruh pihak, maka rencana translokasi lutung jawa sebanyak 6 (enam) ekor akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 18 Desember 2018 pukul 07.10 WIB menggunakan pesawat udara Sriwijaya dari Bandar Udara Soekarno Hatta Jakarta ke Bandar Udara Abdul Rachman Saleh Malang.

“Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menggunakan kendaraan darat menuju Pusat Rehabilitasi javan Langur Center The Aspinal Foundation Indonesia Program (JLC-TAF IP) di Coban Talun, BatuMalang, Jawa Timur. ” Pangkas Ahmad munawir,S,Hut. ( Ls).