Lembaga Administrasi Negara (LAN) Raih Apresiasi dari BPK RI atas Kinerja dalam Membangun Ekosistem Inovasi

SIDIKPOST | Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) mendapat apresiasi dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja organisasi yang disampaikan pada Kegiatan Penyerahan LHP Kinerja Atas Efektivitas dan Penguatan Ekosistem Inovasi Tahun 2020-2022.

Advertisements

LHP kinerja ini diserahkan langsung oleh Anggota III BPK RI, Prof. Dr. Achsanul Qosasi, CSFA., CFrA kepada Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si dengan disaksikan langsung oleh auditor AKN III berserta jajaran pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan LAN, di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor LAN, Jalan Veteran, Jakarta, pada Jumat (17/2).

Dalam kesempatan tersebut, Achsanul Qosasi menyampaikan apresiasinya atas capaian kinerja LAN, terutama dalam membangun ekosistem inovasi di Indonesia. Laporan hasil pemeriksaan kinerja ini merupakan bagian dari upaya BPK untuk menguji tugas, fungsi, serta kontribusi LAN terhadap negara.

“Pengujian terhadap kinerja ini merupakan bagian dari Program Nawacita Presiden Joko Widodo yang terkait dengan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur yang menekankan pada efisiensi dan efektifitas kinerja,” tambah Achsanul Qosasi.

Baca Juga   Wna Pencari Suaka Asal Iran Di Ringkus Polisi Saat Memesan Sabu Di Palmerah Jakbar

Achsanul Qosasi juga menyebutkan bahwa ada beberapa temuan positif terkait dengan sinkronisasi laboratorium inovasi (labinov), terutama di tingkat pemerintah daerah.

Dalam temuan tersebut disebutkan bahwa labinov harus dilakukan sampai dengan implementasi, monitoring, serta evaluasi, sehingga dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. Namun, hal tersebut dapat tercapai apabila ada dukungan anggaran dan komitmen dari pemimpin daerah.

Selain itu, temuan lainnya terkait dengan administrasi dan sistem informasi yang dapat terus ditingkatkan agar dapat menjangkau informasi sampai ke setiap daerah di Indonesia, tutup Achsanul Qosasi.

Kepala LAN, Adi Suryanto, mengucapkan terima kasih kepada jajaran auditor BPK RI yang selama ini memberikan perbaikan atas kinerja LAN melalui penyampaian hasil pemeriksaan dan temuan yang akan segera ditindaklanjuti.

“Ini merupakan sesuatu yang monumental, apalagi Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja ini langsung diserahkan oleh anggota III BPK RI. Hal ini memotivasi LAN untuk memberikan motivasi dalam menyelesaikan banyak temuan, tindak lanjut, dan rekomendasi yang telah dipaparkan oleh tim pemeriksa,” ungkapnya.

Baca Juga   Modus Ngajak Mandi Bareng, Tunawicara Di Tambora Cabuli Anak Dibawah Umur

Adi Suryanto juga mengakui bahwa labinov, terutama di Kawasan 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), yang tidak dapat berjalan sendiri perlu adanya dukungan dari setiap pemerintah dari setiap pemerintah daerah

Dalam acara tersebut, Achsanul Qosasi juga menyampaikan harapannya bahwa LAN dapat terus berkontribusi dalam memperkuat ekosistem inovasi di Indonesia dan memastikan bahwa inovasi yang dihasilkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Adi Suryanto menambahkan bahwa LAN akan terus memperbaiki kinerjanya berdasarkan hasil pemeriksaan dan rekomendasi dari BPK RI.

Selain itu, LAN juga akan terus mengembangkan program pelatihan kepemimpinan untuk membantu meningkatkan kualitas SDM aparatur dan mendorong terciptanya inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien dan akuntabel, LAN juga akan terus memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak seperti pemerintah daerah, lembaga pendidikan, dan sektor swasta.

Dukungan dari semua pihak ini diharapkan dapat mempercepat terciptanya ekosistem inovasi yang kuat di Indonesia.

Dengan adanya apresiasi dari BPK RI atas kinerja LAN dalam membangun ekosistem inovasi, diharapkan bahwa akan semakin banyak lembaga pemerintahan dan swasta yang terinspirasi untuk meningkatkan kinerjanya dan berkontribusi pada pembangunan bangsa. ( AWY E )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *