TAMBAH KETRAMPILAN, JALASENASTRI CABANG 3SATLINLAMIL SURABAYA IKUTI PELATIHAN MEMBATIK ECOPRINT DAN SHIBORI

Jakarta, 7 November 2018 ——- Dalam rangka menambah keterampilan, Jalasenastri Cabang 3 Satlinlamil Surabaya mengikuti pelatihan membatik ecoprint dan Shibori di Lobby Gedung Laut Jawa, Mako Satlinlamil Surabaya, Selasa (6/11).

Advertisements

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari ini, diikuti oleh Ny. Wiwit Heri Prihartanto (Ketua Jalasenastri Cabang 3 Satlinlamil Surabaya), seluruh ketua ranting dan pengurus Cabang 3 Satlinlamil Surabaya serta Perwira pembina harian (Pabinhar) Kapten Laut (P) Kuntri P.

Pelatihan membatik ecoprint dan shibori tujuannya untuk meningkatkan kreatifitas Anggota Jalasenastri. Dari pelatihan tersebut, diharapkan agar anggota Jalasenastri bisa membuat dan memproduksi Kain Batik Ecoprint dan shibori sehingga mendapatkan bekal ilmu dan juga dapat menambah penghasilan keluarga.

Ecoprint merupakan teknik cetak yang menggunakan pewarna alami. Teknik sederhana yang tidak melibatkan mesin atau cairan kimia. Teknik ini diaplikasilan pada bahan berserat alami seperti kain kanvas atau katun yang mampu menyerap warna dengan baik. Pencetakan yang ramah lingkungan ini dilakukan dengan menyerap pigmen dari tumbuhan untuk membuat warna yang menarik. Pewarnaan ini dilakukan dengan menimbulkan warna tertentu pada serat selulosa (kapas, linen) atau protein (sutra, wol) tanpa mewarnai benang secara merata.

Baca Juga   Satgas Pamtas Yonmek 521/DY Terapkan Sistem Belajar Calistung

Sedangkan Shibori ini sendiri merupakan suatu kesenian dari Jepang, yang dalam pembuatannya menggunakan kain/bahan polos kemudian melalui teknik Shibori yaitu, teknik menghias kain dengan cara melipat, menekan dan dicelup ke dalam pewarna kain. Pada pelatihan ini, para pengurus Jalasenastri Cabang 3 Satlinlamil Surabaya bisa membuat motif yang unik dengan warna yang unik pula.

Diakhir kegiatan tersebut, Ketua Jalasenastri Cabang 3 Satlinlamil Surabaya mengungkapkan rasa senang dan bangga atas karya Batik ecoprint dan shibori yang dibuat oleh para pengurus dan ketua ranting Jalasenastri Cabang 3 Satlinlamil Surabaya.( Lisin).