Kapal Nelayan Terbalik Di Perairan Pulau Damar, Enam Selamat Dan Empat ABK Dalam Pencarian

SIDIKPOST| Jakarta – Sebuah Kapal Nelayan “Elang Laut” dikabarkan terbalik di wilayah Perairan Pulau Damar Kepulauan Seribu selasa (14/9) pagi tadi sekitar pukul 05.00 WIB. Kapal yang berpenumpang 10 orang ini sedang melakukan perjalanannya dari Pelabuhan Muara Angke (Jakarta) untuk mencari ikan pada pukul 00.00 WIB.

Advertisements

Informasi diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta siang tadi dari VTS (Vessel Traffic Service) Pelabuhan Tanjung Priok berdasarkan laporan dari Kapten KM Tanto Setia yang pada saat itu melintas di lokasi kejadian dan melihat korban selamat diatas kapal yang terbalik terombang-ambing.

RIB 03 milik Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta kemudian diturunkan sekitar pukul 11.25 WIB menuju lokasi kejadian dan langsung melakukan proses evakuasi terhadap 6 (enam) korban yang selamat. “Enam korban selamat berhasil kita evakuasi dan sudah kami bawa ke Pelabuhan Muara Angke sekitar pukul 14.15 WIB untuk diidentifikasi serta proses lebih lanjut.” Tegas Hendra Sudirman,S.E., M.Si., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam Ops SAR.

Baca Juga   Temu Wicara Peran Serta Masyarakat Dan Pemuda Terhadap Pembangunan TANGERANG UTARA

Ia juga menegaskan bahwa pihak nya akan terus melakukan pencarian terhadap 4 (empat) orang lagi yang masih hilang dengan melakukan penyisiran dengan radius kurang lebih 2 NM2 di sekitar lokasi terbaliknya kapal. Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan BMKG mengenai kondisi cuaca di perairan guna menurunkan tim penyelam pada Rabu (15/9) besok pagi apabila malam ini pencarian di atas permukaan air belum juga menemukan hasil.

Berikut adalah data korban KM Elang Laut yang selamat dan masih dalam pencarian oleh tim SAR gabungan :

Korban Selamat :

1. Ale (Nahkoda) (L /34 thn)

2. Cecep (Abk) (L / 18 Thn)

3.Mulyana (KKM) ( L / 31 Thn)

4.Gito (L/39 Thn)

5. Danial Manuate (L/ 25 Thn)

6.Muhammad Kadiman ( L / 24 Thn)

Korban Dalam Pencarian :

1. Abdul Malik ( L /20 Thn)

2. Adam (L/19 Thn)

3. Arif  (L /27 Thn)

4. Agus ( L/19 Thn)

Unsur SAR yang bergabung dalam Operasi SAR hari ini terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, KSOP Muara Angke, Kapal Tanto Setia, Kapal Pancaran Integrity, dan Nelayan sekitar. ( SDP)