Rudal Mistral Batalyon Arhanud 10/Gagak Hitam Hancurkan Pesawat Tanpa Awak 2 hari Berturut-Turut

SIDIKPOST | Kodam Jaya/Jayakarta dalam pembinaan latihan sesuai dengan Program Kerja TA. 2021, melaksanakan Latihan YTP Yonif 203/AK dengan tujuan agar setiap prajurit baik secara perorangan maupun dalam hubungan satuan memiliki tingkat kemahiran yang profesional.

Advertisements

Latihan YTP Yonif 203/AK TA. 2021 yang dilaksanakan saat ini melibatkan berbagai macam kecabangan, dimana Batalyon Infanteri sebagai Satuan Inti diperkuat oleh Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) & Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin), dengan organisasi yang disusun secara komposit agar memiliki daya tempur yang tinggi.

Yonif 203/AK melaksanakan rangkaian latihan dimulai dari latposko 1 s.d pelaksanaan operasi serangan sebagai puncak latihan yang dilaksanakan di daerah Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Baturaja, Sumatra Selatan.

Latihan YTP 203/AK melibatkan 1154 personil dari berbagai jajaran Kodam Jaya/Jayakarta & dari berbagai kecabangan yang terdiri dari satuan tempur (Satpur), satuan bantuan tempur (Satbanpur), satuan bantuan administrasi (Satbanmin), yang memainkan perannya masing-masing serta melaksanakan koordinasi antar kecabangan dalam rangka operasi serangan darat.

Dalam latihan ini berbagai jenis alutsista unjuk kemampuan dalam rangka mendukung latihan operasi serangan diantaranya, Anoa Komando & Anoa APC (Yonmek 203/AK), Tank Scorpion/Kanon, Tank Stormer/APC & Tank Stormer/Komando (Yonkav 9/SDK), Meriam 155 MM & Comand Post (Yonarmed 7/BG), Rudal Mistral Atlas & Radar MCV (Yonarhanud 10/Gagak Hitam) & Jihandak (Denzipur 3/ATD).

Baca Juga   Karang Taruna Desa Tegal Angus Gelar Sarasehan Karang Taruna Desa Se-Kec.Teluknaga

Pelaksanaan latihan YTP 203/AK dalam operasi serangan ini diawali dengan skenario  pasukan yang bermanuver bergerak menuju ke sasaran & diikuti oleh pesawat intai musuh yang terbang rendah siap menyerang serta menghancurkan pasukan yang bermanuver, yg mana Batalyon Arhanud 10/Gagak Hitam memiliki tugas pokok untuk melindungi pasukan yang bermanuver, steling Armed dan Posko Batalyon dari ancaman & serangan udara musuh dengan alutsista yang dimiliki, terbukti Rudal Mistral Atlas Yonarhanud 10/Gagak Hitam dapat mentracking & menembak jatuh 2 pesawat tempur musuh (Banshee).

Dalam hitungan detik, Rudal Mistral Atlas yang melesat dengan kecepatan 2,8 Marc dapat menghancurkan sasaran secara akurat. Tak kurang setelah Bansi berhasil dihancurkan puluhan personel bersuka cita atas keberhasilan penembakan pada Rudal Mistral Atlas andalan TNI-AD tsb. Rudal Mistral Atlas patut dibanggakan karena dapat menghajar sasaran hingga jarak 6.000 meter, sementara ketinggian luncur maksimum rudal ini mencapai 3.000 meter, dengan material yang sifatnya mudah dibongkar pasang, Rudal Mistral Atlas dapat disiapkan dalam waktu tempur sekitar 5 menit & waktu reload < 20 detik. Dengan kecepatan 2,5 Marc, ketepatan perkenaan Target Rudal Mistral diatas 95 %.

Baca Juga   Pemasangan Stiker Oleh Petugas Tracer Di Rumah Warga Yang Positif Covid 19 Dan Warga Yang Kontak Erat

Dengan kemampuan tersebut, tak ayal lagi bahwa kemampuan pertahanan udara Batalyon Arhanud 10 selalu siap mengawal/mengamankan wilayah udara Kodam Jaya/Jayakarta dari setiap ancaman udara,

Prajurit Batalyon Arhanud 10/Gagak Hitam merasa bangga karena dapat menjalankan apa yang disampaikan oleh pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Mulyo Aji, M.A. saat akan melepas keberangkatan Latihan YTP Yonif 203/AK, yakni dalam melaksanakan suatu latihan harus dilaksanakan dengan baik & benar, “ujarnya.

Selain itu Danpussenarhanud Mayjen TNI Nisan Setiadi, S.E., juga menegaskan, bahwa kita bukan prajurit yang murahan kita adalah prajurit yang modern & profesional karna kita mimiliki 3F yaitu First of defense, First to Fire & First Class Gunner, “tegasnya.

Dan tepatnya Hari Selasa, 22 Juni 2021 merupakan latihan puncak yang akan dilaksanakan oleh Tim YTP 203/AK yang dimana akan dihadiri oleh Komandan Kodiklat TNI-AD Letjen TNI A.M. Putranto, S.Sos., Danpussenif Letjen TNI Arief Rahman, M.A., Ir Kodiklat TNI AD, Mayjen TNI Gabriel Lema, Danpussenarhanud Mayjen TNI Nisan Setiadi, S.E., Danpussenarmed Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han), kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI M. Saleh Mustafa, Danpuslatpur Brigjen TNI Judi Paragina Furdaus, M.Sc. Dirsen Pussenkav Brigjen TNI Tatang Budiman, S.I.P , Dirjian Kodiklatad Brigjen TNI Syaiful Rahman dan Dirdok Kodiklatad Brigjen TNI Brigjen TNI Agus.

Baca Juga   Hadapi Ancaman Perang Masa Depan, Pussenarhanud Kodiklatad Gelar Latbakjatrat Terintegrasi Tahun 2021

Bukan hanya prajurit yang melaksanakan latihan YTP 203/AK saja yang merasa bangga, masyarakat di sekitar Puslatpur, Baturaja juga sangat bangga & antusias karena hal inilah yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat sekitar, masyarakat luaspun ingin dapat hadir dalam latihan tsb.