Jelang Pilkada 2020, Polres Kukar Gelar Latihan Dalmas

SIDIKPOST| TENGGARONG – Personel satuan Sabhara (Samapta Bhayangkara) Polres Kukar menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas) di halaman Mapolres menjelang pilkada serentak 2020. Pada Kamis, (05/03/2020).

Advertisements

Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho melalui Kasat Sabhara AKP Suyono menjelaskan, latihan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali gerakan maupun formasi Dalmas dalam persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas.

“Latihan rutin akan memperkuat kemampuan kita, dan tanpa latihan, kita tidak akan memiliki kemampuan. Siapapun Anda pasti memerlukan sebuah latihan. Ibarat pisau apabila tidak diasah maka akan tumpul, jadi latihan ini kita lakukan empat kali dalam sebulan,” jelas AKP Suyono.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan rangkaian program kerja Satuan Sabhara Polres Kukar, yaitu berupa peningkatan kemampuan personil dalam upaya pengendalian massa.

Kasat Sabhara mengatakan, kemampuan pengendalian massa tidak hanya harus dimiliki anggota Sat Sabhara, melainkan seluruh anggota Polri, termasuk anggota Reskrim, Intel, Lantas, Resnarkoba, Binmas dan staf juga harus menguasainya.

“Sehingga apabila diperlukan dilapangan bisa hadir cepat dan mampu bertindak secara profesional. yang dilengkapi motor trail dan senjata pelontar gas air mata, serta 1 tim negosiator,” jelasnya.

Baca Juga   Bantuan Sosial Masyarakat Terdampak Covid 19 Di Wilayah Hukum Polres Kutai Kartanegara

Pelatihan pengendalian massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas ini dilakukan hari ini juga bertujuan persiapan untuk menjelang Pilkada 2020.

“Tahun ini daerah kita ini melaksanakan Pilkada, sehingga hal ini perlu kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya. ( *).