Jelang Pilkades Serentak, Polres Kukar Gelar Lat Pra Pam

KUKAR – Pilkades Serentak Tahun 2019 di Kabupaten Kutai Kartanegara dihelat pada tanggal 16 Oktober 2019, untuk menyatukan persepsi petugas keamanan yang terlibat dalam Pilkades agar pesta demokrasi tingkat desa dapat berjalan lancar, aman, dan damai, Polres Kukar melaksanakan Lat Pra Pam (Latihan Pra Pengamanan) Pilkades Serentak Tahun 2019 di Kab. Kukar.

Advertisements

Lat Pra Pam dibuka langsung oleh Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar dengan didampingi dengan Wakapolres Kukar KOMPOL Wiwit Adisatria bertempat di ruangan Catur Prasetya Polres Kukar, pada Senin (7/10/2019), dengan diikuti kurang lebih 150 Personil Polres Kukar.

Dikatakan oleh Kapolres bahwa, meskipun pengamanan terkait pemilihan umum dan kepala desa, namun masih perlu dilakukan latian pra pengamanan dan anggota harus betul-betul memperhatikan keamanan karena Pilkades mempunyai tingkat kerawanan yang berbeda dan kerawananan lebih tinggi dari pada Pilkada maupun Pileg dan Pilpres.
“Kita undang perwakilan Personil Polsek jajaran Polres Kukar agar nantinya rekan rekan bisa menyampaikan gambaran awal situasi daerah operasi, dan bagaimana cara bertindak apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan,” kata Kapolres.

Baca Juga   Pengalihan Arus Dan Penutupan Sejumlah Ruas Jalan Di Tenggarong Pada Akhir Pekan

Tidak hanya itu Kapolres juga meminta kepada para peserta lat pra pam ini untuk dapat mendengarkan, memahami, merespon apa yang disampaikan oleh Pemateri dalam lat pra pam ini. Dengan maksud agar personil pengamanan nantinya dapat memahami perannya ataupun tingkat kerawanan yang menjadi objek pengamananya.

“Untuk peserta lat pra pam sekalian diharapkan untuk dapat memahami, mendengarkan, dan merespon apa yang disampaikan oleh Pemateri lat pra pa mini agar nantinya rekan-rekan dapat memahami perannya masing-masing di lapangan, tingkat kerawanan yang menjadi objek pengamanan, ataupun tidakan yang diakukan apabila tertadi sesuatu yang tidak diinginkan”, jelas Kapolres saat beri arahan pada lat pra pam.