Tema HUT Kejaksaan RI 79 Tahun: Simbol Terwujudnya Kedaulatan Penuntutan dan Advocaat Generaal

SIDIKPOST | Jakarta, – Bertempat di Lapangan Upacara Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, Jaksa Agung ST Burhanuddin memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Kejaksaan RI ke-79 Tahun 2024. Dalam amanatnya, Jaksa Agung menekankan pentingnya tema tahun ini, yaitu “Hari Lahir Kejaksaan sebagai Simbol Terwujudnya Kedaulatan Penuntutan dan Advocaat Generaal,” sebagai refleksi komitmen Kejaksaan dalam menjaga kedaulatan hukum dan peran sebagai Advocaat Generaal.

Advertisements

Jaksa Agung menyatakan bahwa tema ini tidak hanya menggarisbawahi peran fundamental Kejaksaan sebagai pelaksana tunggal penuntutan dalam sistem peradilan pidana, tetapi juga menegaskan peran eksklusif Kejaksaan dalam mengendalikan perkara pidana.

“Kedaulatan penuntutan merupakan prinsip fundamental dalam sistem peradilan pidana di Indonesia,” ujar Jaksa Agung.

Lebih lanjut, Jaksa Agung menjelaskan bahwa Advocaat Generaal merupakan kewenangan atributif yang memberikan peran kepada Jaksa Agung sebagai pengacara negara, sehingga Kejaksaan tidak hanya berperan sebagai penuntut umum tertinggi tetapi juga sebagai pengacara negara.

Jaksa Agung juga mengingatkan kembali tentang sejarah panjang Kejaksaan, yang diawali dengan dilantiknya Meester de Rechten Gatot Taroenamihardja sebagai Jaksa Agung pertama bersama dengan pembentukan Kabinet Presidensial pertama di Indonesia.

Baca Juga   Sekda Ajak Masyarakat Ikut Berlomba Mewujudkan Kota Sehat

“Tepat pada hari ini, 79 tahun yang lalu, institusi yang kita cintai ini dilahirkan,” ungkap Jaksa Agung.

Jaksa Agung menyampaikan bahwa penetapan Hari Lahir Kejaksaan pada tanggal 2 September 1945 bukanlah keputusan yang diambil secara tiba-tiba, tetapi merupakan hasil dari penelitian panjang para ahli sejarah yang bekerja sama dengan Kejaksaan. Penentuan hari lahir ini memiliki beberapa urgensi, di antaranya menegaskan keberadaan Kejaksaan sejak awal kemerdekaan, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penegakan hukum, memperkuat soliditas di kalangan insan Adhyaksa, dan mewujudkan komitmen Kejaksaan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Kejaksaan Republik Indonesia telah menunjukkan sejumlah capaian signifikan, yang mendapat apresiasi dari masyarakat dan menjadikan Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang paling dipercaya. Jaksa Agung mengingatkan seluruh jajaran Kejaksaan untuk terus menjaga kepercayaan ini dengan bekerja secara profesional, jujur, dan berintegritas.

Menutup amanatnya, Jaksa Agung mengajak seluruh insan Adhyaksa untuk menjadikan peringatan Hari Lahir Kejaksaan sebagai momen untuk memperbarui semangat pengabdian dan dedikasi kepada bangsa dan negara. “Selamat Hari Lahir Kejaksaan Republik Indonesia ke-79 Tahun 2024. Semoga Korps Adhyaksa semakin baik, tangguh, dan jaya,” pungkas Jaksa Agung.

Baca Juga   Kelurahan Dadap Gelar Acara Musrenbang Kelurahan Dadap Tahun 2023

Upacara ini dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi, termasuk Ketua Komisi Kejaksaan RI Prof. Dr. Pujiyono Suwadi, Wakil Jaksa Agung Feri Wibisono, serta para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan, dan Staf Ahli Jaksa Agung. Upacara juga diikuti secara virtual oleh Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala Kejaksaan Negeri, dan jajaran di seluruh Indonesia. ( SDP )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *