Kecamatan Jatiuwung Gelar Seleksi Tilawatil Qur’an 2024

SIDIKPOST | Kota Tangerang- Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, menggelar Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tahun 2024 yang dilaksanakan di pelataran Kantor Kecamatan Jatiuwung selama dua hari, yakni Kamis, 27 Juni 2024.

Advertisements

Pembukaan STQ tingkat Kecamatan Jatiuwung ditandai dengan pemukulan bedug oleh Forum Komunikasi Pimpinan Tingkat Kecamatan (Forkopimcam) Jatiuwung dan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kecamatan Jatiuwung, Ustad HM Suryadi.

Camat Jatiuwung, Edih, menyampaikan bahwa gelaran STQ ini merupakan kegiatan yang memberikan ruang bagi putra-putri generasi penerus bangsa, khususnya di wilayah Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, dalam upaya membumikan nilai-nilai Qur’ani.

“Kegiatan ini sebagai upaya membudayakan syiar Islam yang memberikan ruang bagi putra-putri kita,” kata Edih saat ditemui awak media, Kamis (27/6).

Edih menjelaskan bahwa gelaran STQ ini juga sebagai langkah untuk meningkatkan pemahaman, pengamalan, serta memasyarakatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an sejak dini.

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk terus mengembangkan kemampuan dan memperkuat daya ingat para generasi muda agar lebih fokus dalam pemahaman Al-Qur’an,” ujarnya.

Baca Juga   Sinergitas TNI-Polri, Kapolri Kunjungi KSAD Sepakat Jaga Kamtibmas

Melalui STQ, Edih berharap dapat memperluas pengetahuan generasi muda mengenai Al-Qur’an dan Al-Hadits. “Dengan kegiatan STQ ini juga dapat semakin menumbuhkan semangat kecintaan dan pengamalan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga guna menciptakan generasi bangsa berakhlak mulia, berkarakter, dan berdaya saing,” imbuhnya.

Gelaran STQ tingkat Kecamatan Jatiuwung ini mencakup enam kategori, di antaranya Tilawah anak-anak, Tilawah remaja, Tilawah dewasa, Hifdzil Qur’an Juz 1 plus tilawah, Kaligrafi Naskah Al Qur’an, dan Quro’atul Kutub Wustho. Untuk kategori kelompok, terdapat Fahmil Qur’an dan Syarhil Qur’an.

Peserta yang mengikuti gelaran STQ ini lebih dari 190 orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Adapun pemenang dari STQ Kecamatan Jatiuwung 2024, di antaranya:
– Juara 1 tilawah anak-anak putra: David Bahrul Alam
– Juara 1 tilawah anak-anak putri: Kismah
– Juara 1 tilawah remaja putra: Aan Kurniawan
– Juara 1 tilawah remaja putri: Ainur Padilah

Ketua LPTQ Kecamatan Jatiuwung, Ustad HM Suryadi, menekankan kepada para peserta lomba untuk tetap semangat dan fokus dalam lomba, sehingga dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk dapat membiasakan membaca Alquran serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga   Wujud Negara Hadir, Personel TNI-Polri Dikerahkan Bantu Korban Banjir

“Cikal bakal generasi emas dan penerus masa depan yang cerdas dan berakhlakul karimah, insya Allah akan lahir dari adik-adik yang ikut STQ ini,” tandasnya.

Ia juga berharap, kegiatan ini dapat memotivasi generasi muda dan masyarakat untuk terus belajar membaca, menulis, serta mendalami Alquran, sekaligus mempersiapkan kafilah berprestasi untuk MTQ tingkat Kota Tangerang. ( SDP )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *