Pemanfaatan Media Manipulatif Sebagai Pembelajaran Matematika di SDN 012 Lubuk Terentang

SIDIKPOST | Riau- Tim KUKERTA Balek Kampung UNRI 2022 Desa Lubuk Terentang melaksanakan program kerja pembelajaran Matematika dengan menggunakan media manipulatif di SDN 012 Lubuk Terentang Kec. Gunung Toar Kab. Kuantan Singingi Provinsi Riau. 

Advertisements

Menurut Khairah Talia Zikra Tim dari KUKERTA Balek Kampung UNRI 2022 mengatakan Sasaran dari program ini adalah siswa kelas 3 SDN 012 Lubuk Terentang. Kegiatan awal yang dilakukan oleh Tim KUKERTA adalah ice breaking yaitu mengajak siswa bernyanyi dan tepuk semangat, dengan ini dapat mencairkan suasana dan membuat siswa menjadi lebih santai. Kemudian membagikan soal pre-test yang akan dikerjakan oleh siswa.

”Setelah siswa selesai mengerjakan pre-test dilanjutkan dengan pengoreksian soal pre-test serta penjelaskan penjumlahan, pengurangan dan konsep media manipulatif. Ketika siswa sudah paham maka dilanjutkan dengan mengerjakan post-test menggunakan media manipulatif,” Kata Khairah Talia Zikra melalui kiriman tertulisnya, Rabu ( 07/09/2022)

Untuk meningkatkan semangat siswa dalam mengerjakan soal Tim KUKERTA Desa Lubuk Terentang memberikan hadiah bagi siswa yang mendapatkan nilai tertinggi dan juga snack untuk seluruh siswa kelas 3.

Baca Juga   Bhabinkamtibmas Polsek Loa Janan Bersama warga Bersihkan Pohon Tumbang Dijalan

Khairah Talia Zikra juga mengatakan bahwa Pada pemanfaatan media manipulatif dalam pembelajan Matematika di SDN 012 Lubuk Terentang Tim KUKERTA menyimpulkan media manipulatif berpengaruh terhadap nilai siswa, ini di buktikan dengan data yang didapat.

“Pada penerapan media manipulatif ini terjadi peningkatan nilai yang signifikan pada post-test,” Ucapnya kembali

ia pu berharap Tim KUKERTA Lubuk Terentang pemanfaatan media manipulatif ini terus berlanjut karena bisa meningkatkan minat belajar siswa terutama pada pembelajaran Matematika.

Dan Pelajaran matematika akan menjadi menarik dan menyenangkan bagi siswa. ( SDP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *