Dana Insentif Kota Tangerang untuk Guru dan Tenaga Pendidik Meningkat di Tengah Tantangan Pendidikan

SIDIKPOST | Kota Tangerang- Setiap tahun, dunia pendidikan menghadapi tantangan baru di berbagai bidang. Tantangan untuk menciptakan generasi emas semakin berat, terutama setelah dampak pandemi Covid-19. Saat ini, banyak guru yang semakin kompeten dan menguasai dunia teknologi informasi, karena teknologi tidak dapat diabaikan lagi.

Dalam menjawab tantangan ini, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Dindik) telah menyalurkan dana insentif kepada ribuan guru dan tenaga pendidik setiap tahunnya sejak 2015.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin, mengungkapkan bahwa pada tahun 2023, Pemkot Tangerang akan menyalurkan dana insentif kepada 19.825 guru dan tenaga pendidik, dengan total alokasi anggaran mencapai Rp188 miliar. Dana ini akan diberikan kepada berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari TK/PAUD/RA hingga tingkat SMP dan Mts.

“Dana insentif sebesar Rp650 ribu per bulan akan disalurkan selama 12 bulan, dengan penyaluran setiap tiga bulan sekali. Ini adalah langkah konkret Pemkot Tangerang untuk memberikan penghargaan kepada guru non PNS dan tenaga pendidik yang berperan penting dalam membentuk generasi emas yang siap mengembangkan Kota Tangerang,” ujar Jamaluddin beberap waktu yang lalu

Ia juga mengungkapkan bahwa jumlah penerima insentif meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu dari 19.151 orang pada tahun 2022 menjadi 19.825 orang pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan komitmen Pemkot Tangerang dalam mendukung peningkatan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

“Melalui dana insentif yang disalurkan setiap tahun, Pemkot Tangerang berharap dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan, bersaing, dan menjadi lebih maju demi masa depan yang lebih baik bagi pendidikan di Kota Tangerang,” tambahnya. ( ADV )