15 Juni 2021

Sidik Post

| Link Berita Bagus

SIDIKPOST | (Merauke. Jumat 7 Mei 2021). Berdasarkan surat perintah Komandan Korem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko, Korem 174 Merauke membentuk Tim Pengendalian Program (Dalprog) dari Staf Perencanaan Korem 174/ATW sambangi Satuan Kerja (Satker) jajaran Korem 174/ATW pada kegiatan-kegiatan Korem Semester I TA. 2021, salah satu diantaranya ke Kodim 1707/Mrk, Kodim 1711/BVD, Yonif 757/GV dan staf Korem 174/ATW.

Kunjungan Tim Dalprog dalam acara Taklimat awal di satuan Jajaran Korem 174/ATW dan kegiatan tersebut mulai dilaksanakan pada hari Kamis 29 April 2021 dan kegiatan diakhiri pada Kamis 6 Mei 2021 di Makorem 174/ATW.

Kehadiran Tim Dalprog ini bertujuan untuk melaksanakan fungsi Atensi Pemeriksaan Intern Program  (APIP) dari pimpinan dalam hal Ini Danrem 174/ATW selaku Kuasa Pengguna Anggaran Satker Korem 174/ATW serta sebagai sarana pengawasan dan pemeriksaan internal yang dilaksanakan oleh Staf Perencanaan sebagai motor yang mengawal pelaksanaan program kerja di Korem 174/ATW.

Kegiatan Dalprog sebagai salah satu kegiatan penting  yang  tidak dapat dipisahkan dalam sistem manajemen organisasi modern yang transparan dan akuntabel, kualitas fungsi pengawasan tersebut sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan pelaksanaan tugas suatu organisasi, termasuk tugas organisasi militer di lingkungan satuan TNI AD jajaran Korem 174/ATW.

Disamping itu, Dalprog juga merupakan salah satu upaya untuk membantu para Pimpinan Satuan dalam mencapai, mengukur dan mengevaluasi sejauh mana  pelaksanaan tugas serta fungsi yang telah dilaksanakan oleh stafnya sesuai dengan program yang telah disusun berdasarkan kebijakan pimpinan TNI AD.

Pada acara Taklimat awal, Mayor Cba M Said, S.Sos selaku Pasi Renproggar Korem 174/ATW mengatakan, kegiatan Dalprog ini selain sebagai sarana pemeriksaan internal juga sebagai sarana kontrol untuk peningkatan kinerja Korem 174/ATW dan jajaran yang berdampak  positif pada upaya pembinaan peningkatan Zona Integritas menuju WBK/WBBM (Wilayah Bebas Korupsi/ Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) dengan berprestasi melalui Birokrasi Reformasi yang mana Korem 174/ATW yang berada di ujung Timur Indonesia tepatnya di Merauke  menjadi Satker jajaran Kodam XVII/Cenderawasih yang berprestasi di bidang Kinerja dan Operasi, sehingga diusulkan dalam kompetisi Zona Integritas (ZI) di tingkat TNI AD dan Kementerian.

Kegiatan Dalprog yang dilaksanakan pada Semester I ini, diharapkan agar dapat lebih meningkatkan kinerja satuan  agar tertib administrasi dalam melaksanakan program satuannya serta dapat meningkatkan penyerapan anggaran guna pelaksanaan program pada Tri Wulan selanjutnya. Apabila Tim Dalprog menemukan adanya kekurangan dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran, Komandan Satuan (Dansat) berharap adanya evaluasi sekaligus arahan dari Tim Dalprog nantinya dapat dijadikan acuan dalam penyempurnaan pembuatan produk administrasi dan pertanggung jawaban keuangan serta pelaksanaan kinerja di lingkungan jajaran Korem 174/ATW dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada.

Selanjutnya Pengendali Tim Dalprog Mayor Cba M Said S.Sos sekaligus Ketua Tim I dan Kapten Cpl Markus Helaha sebagai Ketua Tim II  mengucapkan terimakasih atas penerimaan dan sambutan Dansat di satuannya dan selanjutnya secara singkat menyampaikan bahwa Tim Dalprog mengharap adanya kerjasama dan bantuan para Dansat dan perwira staf dan anggota yang menjadi objek pemeriksaan dalam memberikan data yang lengkap sehingga kegiatan Dalprog dapat berjalan dengan lancar dan tertib. Selama kegiatan berlangsung tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. (Red/Penrem 174 Merauke). 

%d blogger menyukai ini: