24 Juli 2021

Sidik Post

| Link Berita Bagus

SIDIKPOST| Kukar – Kepolisian Resor Kutai Kartamegara bersama Forkopimda melaksanakan apel Kebangsaan bersama 3 pilar kamtibmas dan pembacaan ikrar kebangsaan, Senin (26/4).

Kegiatan apel dihadiri oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting, Ketua DPRD Kab. Kukar Abdul Rasyid, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Adji Muhammad Arifin, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan serta tamu undangan lainnya.

Selaku pemimpin apel, Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan bahwa dewasa ini kita sama-sama cermati bahwa tantangan yang dihadapi Bangsa dan Negara kita semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya.

“Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno bahwa perang modern bukan sekedar perang militer melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat”, ucapnya.

Mengutip pidato pertama Bung Karno saat dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia dalam pidato pertama tersebut Ir. Soekarno mengatakan perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah tapi perjuangan kalian akan lebih berat karena melawan saudara sendiri.

Lanjutnya, adanya kemajuan teknologi yang semakin memudahkan kita untuk memperoleh informasi dari berbagai sumber bahkan hanya dengan menggunakan telepon pintar atau smartphone yang semakin canggih kita bisa memperoleh informasi dengan mudah tanpa adanya saringan.

“Namun juga melalui media sosial ini dengan mudahnya kita diadu domba melalui ujaran kebencian dan hoaks yang bernuansa Sara sehingga muncul konflik antar suku, konflik antar agama, maupun konflik yang dilatarbelakangi permasalahan lahan tanah adat serta kesempatan bekerja dan lain sebagainya”, tandasnya

Belum lagi ancaman nyata yang setiap saat ini akan bisa terjadi dan sulit untuk diprediksi yaitu terorisme dan radikalisme serta munculnya paham-paham yang berkeinginan untuk mengganti ideologi Pancasila.

Ditemui seusai apel, Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting mengatakan bahwa sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan apel kebangsaan ini. Menurutnya apel ini membuktikan bahwa warga masyarakat Kab. Kukar masih cinta dan setia terhadap Pancasila.

Kapolres juga menyampaikan apel kebangsaan ini sebagai wujud komitmen seluruh masyarakat Kab. Kukar untuk menjaga kesatuan dan keutuhan Negara Republik Indonesia.

“Momentum ini sebagai wujud bahwa bersama kita akan tetap menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI,” ucapnya. ( red).

%d blogger menyukai ini: