20 Oktober 2021

Sidik Post

| Link Berita Bagus

SIDIKPOST| Puluhan Anak Yatim ,Memasuki Markas Komando Pangkalan Angkatan Laut (Mako Lanal) Batuporon (BPO).

Suara tawa anak-anak balita mewarnai sore yang indah itu melempar canda kepada para Pemuda yang ramah menyapa mereka di saat mereka turun Bus TNI AL yang membawa mereka. Para Pemuda itu adalah 25 Taruna AAL Korps Marinir Angkatan ke-67 yang sedang melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Karkata Yudha Di Batuporon Madura dan sekitarnya.(17/04/21)

Lattek Karkata Yudha adalah latihan yang mempraktikkan mata kuliah Operasi Amfibi (Opsfib) yang telah diajarkan sebelumnya ,kepada Taruna di bangku kuliah di Akademi Angkatan Laut (AAL). Lattek Karkata Yudha ini bertujuan untuk mendidik dan membekali para Taruna.

Agar memiliki keterampilan tentang tugas teknik dan taktik Opsfib tingkat Peleton, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan untuk melaksanakan tugas sebagai Danton Infanteri dan jabatan lain yang setingkat di satuan kerja Marinir serta mampu mengembangkan pribadi sebagai kader pemimpin TNI Angkatan Laut. Dilatihkan beberapa materi penting Operasi Amfibi diantaranya Serbuan Amfibi, Raid Amfibi, dan Ratsus (Pendaratan Amfibi Dalam Keadaan Khusus). selama kurun waktu 12 Hari TMT 5 – 16 April 2021. Sebagai Penangungjawab latihan Adalah Gubernur AAL, , Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E.,M.Tr(Han).

Sore itu, Kamis tanggal 15 April 2021 di hari terakhir Para Taruna Marinir melaksanakan Lattek, mereka sempatkan dengan membuat acara sederhana namun sarat dengan kepekaan sosial dan kepedulian terhadap sesama. Acara ini dikemas dengan tema “TARUNA PEDULI SESAMA” yang digelar dalam rangkaian Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim, di sela-sela padatnya kegiatan Lattek Karkata Yudha yang kebetulan bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan 1442 H/2021 M.

Hadir dalam acara yang digelar di Mako Lanal BPO, Kepala Departemen Marinir (Kadepmar) Letkol Marinir Datuk Sinaga selaku Pimpinan Latihan (Pimlat) Dan Komandan Lanal BPO Letkol Laut (P) Dodi Hermanto, yang dalam sambutannya mewakili warga Madura megucapkan terimakasih kepada AAL yang telah memilih Madura sebagai daerah latihan dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kepedulian Taruna terhadap warga Madura.

Acara yang diprakarsai Oleh Taruna ini, dikemas secara apik yang diawali dengan pembacaan Ayat-ayat Suci Al-Qur’an Oleh Taruna dan Sartilawah Oleh salah satu anak yatim. Kemudian dilanjutkan Sambutan Oleh Taruna Marinir dan Komandan Lanal BPO. Sambil menunggu waktu berbuka, diisi dengan ceramah agama Oleh Ustadz Nur Abidin,S.Ag. Dari Bangkalan Madura.


Moment kebersamaan ini tampak indah saat adzan Magrib dikumandangkan, dan seluruh peserta yang hadir menikmati hidangan takjil yang disediakan.

Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat), Letkol Mar Syamsul Bahri, M.Tr(Hanla), Dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa puncak dari Acara Taruna Peduli Sesama ini ditandai dengan pemberian bahan kontak berupa perlengkapan sekolah dari 25 Taruna kepada 25 Anak Yatim secara serempak dan diakhiri dengan pemberian tali asih yang disisihkan langsung dari uang jajan para Taruna sendiri. Dengan ikhlas para anak yatim ini mendoakan untuk kesehatan, keselamatan dan keberhasilan para Taruna dalam mengikuti latihan dan pendidikan di AAL yang kelak menjadi Komandan Peleton (Danton) Infanteri Marinir yang Bermoral dan Profesional. Jalesyu Bhumyamca Jayamahe HREE DHARMA SHANTY. ( Kendy).

%d blogger menyukai ini: