21 April 2021

Sidik Post

| Link Berita Bagus

SIDIKPOST|JAKARTA—-Wakil Asisten Perencanaan dan Anggaran (Waasrena) Kasad Bidang Pengendalian Brigjen TNI Adisura Firdaus Tarigan membuka acara Rapat Koordinasi Sistem Informasi TNI AD TA 2021, bertempat di Gedung C Mabesad, Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Asrena Kasad Mayjen TNI Hendrasto Joko S., S.E., M.M. dalam amanatnya yang dibacakan oleh Waasrena Kasad Bid. Dal menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan bertujuan untuk menyamakan langkah dan pemahaman antara Srenaad selaku pengawas kegiatan pembinaan Sistem Informasi (Sisfo) TNI AD dengan Disinfolahtad selaku pelaksana teknis kegiatan Sisfo, Pushubad selaku penyedia jaringan komunikasi data Sisfo serta Pussansiad selaku pelaksana pengamanan Sisfo TNI AD dalam pelaksanaan program pembinaan Sisfo TNI AD TA 2021.

Selanjutnya Asrena Kasad berharap dalam rapat ini segala hambatan dan kendala dapat didiskusikan sehingga diperoleh langkah serta solusi pemecahan permasalahan dalam upaya mewujudkan Sisfo TNI AD yang modern, terintegrasi, valid, andal, aman, akuntabel, serta mudah diakses dan dibagipakaikan.

Kepada peserta Rakor, Asrena Kasad juga menyampaikan terkait pokok-pokok kebijakan bidang pembinaan sistem informasi TA 2021, dalam rangka melanjutkan pembangunan dan pengembangan Sisfo TNI AD, diantaranya mewujudkan perumusan kebijakan serta perencanaan pembinaan Sisfo di lingkungan TNI AD yang efektif, efisien, terukur dan akuntabel. Kemudian mengoptimalkan penggunaan Sisfo TNI AD, meningkatkan pemahaman serta kepedulian para pemangku tugas pembinaan sistem informasi di lingkungan TNI AD.

Selain itu jelasnya, secara bertahap untuk mewujudkan Sisfo TNI AD yang terintegrasi menggunakan sistem Big Data Analitic dan Artificial Inteligent pada pusat data serta pengajuan kebutuhan pembangunan dan pengembangan Sisfo agar diajukan kepada Asrena Kasad selaku Pengawas Kegiatan Pembinaan Sistem Informasi (Wasgiat Binsisfo) TNI AD.

Selaku Wasgiat pembinaan Sisfo TNI AD, Asrena Kasad senantiasa mendorong terwujudnya sistem informasi yang terintegrasi sehingga dapat menghasilkan data dan informasi yang valid dan dapat diandalkan serta aman, guna kepentingan OMP dan OMSP serta pengambilan keputusan oleh pimpinan TNI AD.

Dalam Rakor tersebut juga menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Kolonel Chb Fitry Taufiq Sahary, S.E., M.M. Paban VI/Binsisfo Srenaad yang memberikan evaluasi dan kebijakan terkait pembinaan Sisfo di lingkungan TNI AD, Kolonel Chb Heru Amrullah dari Pusat Sandi dan Siber TNI AD (Pussansiad) yang memberikan materi tentang isu siber terkini sesuai dengan perkembangan IT yang telah mempengaruhi cara berperang dari yang bersifat konvensional menjadi non konvensional berbasis Network centric (Cyber War).

Kemudian Mayor Chb Sigit dari Pushubad yang memaparkan tentang dukungan jaringan komunikasi data (Jarkomta) pada masing-masing Kotama dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD. Kemudian dari Disinfolahtad yang memaparkan tentang pengembangan dan pembangunan sistem informasi K4IPP serta pemeliharaan aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan Sisfo guna menjamin operasional materiel Sisfo TNI AD. (Dispenad/ RED)

%d blogger menyukai ini: