25 Oktober 2020

Sidik Post

Link Berita Bagus

Pertama Kalinya, Mayjen TNI Nisan Setiadi, S.E. Menginisiasi Latihan/Simulasi tempur menembak malam dengan Rudal dan Meriam Arhanud secara Intergrasi.

Pussenarhanud Kodiklatad menggelar kegiatan Latihan Menembak Senjata Berat (Latbakjatrat) Terintegrasi TA 2020 yang diikuti oleh kurang lebih 450 Prajurit dari seluruh Satuan Jajaran Arhanud TNI AD mulai dari tanggal 5 s.d 11 September 2020. di Lapangan Tembak AWR (Air Weapon Range) TNI AU di desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Tujuan dari pelaksanaan latihan ini adalah meningkatkan profesionalisme Prajurit dalam mengatasi serangan dari pesawat udara musuh yang disimulasikan dengan menggunakan banshee dan aeromodelling”. Hal tersebut dikatakan Komandan Kodiklatad Letjend TNI A.M. Putranto saat meninjau langsung pelaksanaan latihan di Lapangan Tembak AWR (Air Weapon Range) TNI AU di desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (10/09/2020).

Pada latihan yang juga dihadiri oleh Pangdivif 2 Kostrad, Pangkogaspad, Kasdam III/Siliwangi, Para Dir Kodiklatad, Ir Pussenarhanud, Dirsen Pussenarhanud, Forkompimda Lumajang serta para tamu undangan, Letjend A.M. Putranto menyampaikan bahwa uji tembak ini menggunakan rudal-rudal canggih dan berbagai jenis meriam yang dimiliki satuan Arhanud TNI AD di seluruh Indonesia.

Rudal-rudal itu diantaranya Rudal Mistral (Atlas dan MPCV), Starstreak jenis Lightweight Multiple Launcher (LML) dan Multi Mission System (MMS). Selain rudal-rudal tersebut, Pussenarhanud yang merupakan unsur satuan di jajaran Kodiklatad itu, juga melaksanakan uji tembak terhadap beberapa meriam Arhanud seperti kaliber 20 mm Rheinmetal, 23 mm/Zur, 40 mm/L70 dan 57 mm,

Latihan ini menjadi lengkap sebab pada malam hari juga dilaksanakan penembakan menggunakan Rudal dan Meriam, ini menjadi yang pertama kalinya bagi Satuan Arhanud. Hal tsb diinisiasi oleh Danpussenarhanud Mayjen Nisan Setiadi, S.E. yakni latihan kita harus menyerupai latihan yang sebenarnya, sebab utk melatih prajurit kita agar mempunyai naluri tempur dan mempunyai kemampuan yang handal dalam menghadapi ancaman udara baik berupa pesawat tempur maupun rudal balistik.

Disela-sela kegiatan latihan dilaksanakan penembakan VIP oleh Dankodiklatad beserta para tamu undangan dengan menggunakan meriam Arhanud yang telah disiapkan serta disaksikan oleh seluruh Komandan Satuan (Dansat) dan Prajurit Arhanud TNI AD. Rangkaian kegiatan selanjutnya diikuti dengan penyematan brevet master gunner oleh Danpussenarhanud Kodiklatad Mayjend TNI Nisan Setiadi kepada para para petembak tamu undangan VIP tersebut.

Disamping kegiatan latihan menembak tersebut juga dilaksanakan kegiatan bhakti sosial yang bertempat di Masjid Nurul Huda berupa pemberian bantuan sembako kepada masyarakat sekitar, bantuan keramik untuk masjid setempat, kantor desa, sekolah dan pondok pesantren sekitar serta pembangunan fasilitas pompa air untuk Lapangan Tembak AWR TNI AU Pandanwangi. ( Red)

%d blogger menyukai ini: