25 Juni 2021

Sidik Post

| Link Berita Bagus

KUKAR – Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) AKBP Andrias Susanto Nugroho hadiri upacara kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wadah batuah Sanga Sanga dalam rangka memperingati peristiwa merah putih ke-73. Minggu (26/01/2020) pukul 24.00 wita.

Upacara itu dipimpin oleh Dandim 0906 /TGR Letkol Charles Aling, dan turut dihadiri Sekda Kukar H. Sunggono, Ketua DPRD Kukar Abdu Rasyid, perwira Polres Kukar dan sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten serta Para tokoh pejuang sanga sanga.

Saat upacara berlangsung khidmat, Suasana haru begitu kental terasa saat lampu di sekitar TMP Wadah batuah Sanga Sanga sengaja dipadamkan. Perjuangan pahlawan begitu terasa dalam suasana gelap gulita. Suasana era perjuangan semakin terasa begitu obor dinyalakan. Terang api laksana semangat para pejuang mengusir penjajah. Jalan utama menuju gerbang TMP Wadah batuah Sanga Sanga juga ditutup dan dijaga personel TNI dan Polri.

“Kita wajib merenung kembali atas jasa-jasa pahlawan yang telah gugur. Terutama merenungkan perjuangan mereka. Kegiatan dini hari ini juga sebagai wujud apresiasi atas jasa-jasa mereka,” terang AKBP Andrias.

Perjuangan pahlawan tidaklah mudah, akan sia-sia jika generasi penerus tidak mengisi kemerdekaan untuk memajukan bangsa. Ini menjadi tugas bersama sebagai warga negara yang tinggal menjaganya saja.

“Kita juga mendoakan semua pahlawan agar jasa dharma bhaktinya dicatat sebagai amal ibadah dan arwahnya diterima Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkasnya.

Kapolres Kukar beserta jajaran menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan pengorbanan para pahlawan. Perjuangan bukan untuk sebuah nama. Namun, demi kebahagiaan negara dan bangsa. Perjuangan mereka adalah perjuangan kita. Artinya, jalan yang mereka tempuh dulu harus menjadi jalan kita semua dalam mengisi kemerdekaan.

%d blogger menyukai ini: