5 Maret 2021

Sidik Post

| Link Berita Bagus

SIDIKPOST| Pati – Saluran irigasi yang berada di Dukuh Tapen Desa Guyangan Kecamatan Winong yang diperuntukkan untuk kepentingan pengairan pertanian masyarakat di wilayah Kecamatan Winong mengalami kerusakan dibagian tanggul penahan air tiga hari lalu sehingga air menggenangi jalan yang menghubungkan Dukuh Tapen Desa Guyangan menuju Desa Sugihan.

Saluran irigasi serta jalan tersebut dibawah pegawasan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pati tersebut rusak dan membuat lubang disana sini sehingga membahayakan pengguna jalan yang melewati jalan tersebut.

Untuk mencegah kerusakan jalan lebih parah serta antisipasi kerusakan tanggul penahan air, maka Muspika Winong melaksanakan koordinasi dengan pemerintahan desa, pihak Dinas PU Kabupaten Pati untuk dilaksanakan perbaikan. Jumat, 10/1/2020.

Jebolnya tanggul penahan air ini merupakan murni bencana alam yang diakibatkan imbas dari curah hujan yang tinggi sehingga tanggul saluran air tidak dapat menampung besarnya debit air hujan yang mengalir di sungai tersebut. Untuk itu hari Jumat ini diadakan kegiatan gabungan yang diikuti oleh 14 orang anggota Koramil Winong dipimpin langsung oleh Danramil 18/Winong Kapten Cba Indro Wharman, Polsek Winong, Pemerintah Kecamatan Winong, Kepala Desa beserta perangkat dan masyarakat Dukuh Tapen.

Terdapat 4 titik kerusakan tanggul penahan air yang diakibatkan oleh luapan sungai Tapen sehingga meluber ke jalan dan menyebabkan jalan rusak, bahkan air juga sudah meluap ke persawahan sehingga tanaman padi yang masih berumur satu bulan menjadi rusak bahkan mati.

Kerja bakti yang dilaksanakan hari ini adalah dengan menimbun dibagian tanggul yang rusak dengan material tanah yang dimasukkan kedalam karung sehingga menjadi padat untuk menahan air sementara sambil menunggu pekerjaan perbaikan selanjutnya.

Danramil 18/Winong Kapten Cba Indro Wharman menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sebagai penanggulangan sementara atau antisipasi apabila hujan turun sehingga arus sungai melimpah.

“Kita upayakan perbaikan tanggul ini secepatnya sambil menunggu perbaikan lebih lanjut dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pati,” Ungkapnya.

Hal ini dilakukan Muspika Winong beserta jajaran bersama dengan PU bergabung dengan masyarakat agar perbaikan cepat selesai untuk mencegah luapan air apabila terjadi lagi hujan deras disekitar wilayah Kecamatan Winong. (m@s)

%d blogger menyukai ini: