22 April 2021

Sidik Post

| Link Berita Bagus

SIDIKPOST| Kutai Kartanegara – Demam Star Wars rupanya dirasakan hingga ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim). Di sana, polisi setempat membangun markas pos pengamanan mirip markas seperti di film Star Wars: Rise of Skywalker.

Pos PAM dan Pos Yan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang dibuat Polres Kukar dibangun di Jalan Poros Samarinda – Balikpapan, tepatnya di KM 54 Tahura, Kukar. Kasatlantas Kukar, AKP Wisnu Dian Ristanto, mengatakan, dalam pelaksanaan Operasi Lilin Mahakam 2019 pihaknya sengaja mendesain secara khusus untuk menarik perhatian masyarakat Kalimantan Timur.

“Kita berusaha membuat semenarik mungkin. Pilih Star Wars karena sedang booming filmnya dan baru diputar di bioskop dan temanya juga masuk dengan apa yang ditampilkan di dalam pospam,” kata AKP Wisnu (25/12/2019).

Jika masuk ke dalamnya, kata AKP Wisnu, masyarakat akan menemukan kecanggihan tiga inovasi dan tiga teknologi yang berbeda di ruang centre. Yang pertama alat penanda seperti barkode yang mengenalkan kepada masyarakat baik pelanggaran dan aturan lalu lintas dengan teknologi yang dilengkapi dengan panel data digital ops lilin mahakam 2019.

Ada juga interaktif touchwall. Alat itu adalah proyektor ditambah sensor untuk merubah gambar ini menjadi touchscreen pada dinding biasa. Polres Kukar satu-satunya Polres yang menggunakan kecanggihan ini di Indonesia.

“Nah alat ini di Indonesia baru ada di Kukar, yang lain belum ada,” katanya.

Selain itu, ada pula virtual reality VR. Alat ini seperti permainan Pokemon Go. Dunia digital yang membawa sesuatu yang maya ke dunia nyata.

“VR ini mirip-mirip Pokemon Go. Kita yg masuk ke dunia maya. Isinya pendidikan lalin, mengenalkan berbagai macam pelanggaran yg sering terjadi. Kenapa itu merupakan pelanggaran,” sebutnya.

Salah seorang warga Samarinda yang berkunjung ke markas Star Wars, Awaljalil, tertarik untuk singgah karena tampilan Pos PAM seperti di luar angkasa. Dia bahkan terkejut, pos tersebut menyediakan ruang khusus untuk beristirahat sembari main game lalu lintas seperti yang ada di film Star Wars.

“Canggih semua alatnya, perangkatnya bagus-bagus. Jadi tertarik untuk singgah, karena informasinya Pos ini seperti ruang angkasa,” kata Awaljalil di lokasi.

Awaljalil berharap perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 di Wilayah Kukar dan Samarinda berlangsung damai tanpa gangguan keamanan. Dia juga berdoa semoga aparat keamanan yang berjaga diberi kesehatan selama bertugas, seperti tagline Star Wars ‘may the force be with you’. ( Humas).

%d blogger menyukai ini: