12 Mei 2021

Sidik Post

| Link Berita Bagus

SIDIKPOST| Tangerang – Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 hanya tinggal menghitung hari, tentunya hal ini banyak digunakan oleh masyarakat dengan memanfaatkan waktu untuk merayakannya bersama keluarga tercinta bahkan menikmati liburan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Demi meningkatkan rasa aman dan nyaman pada masyarakat, dalam meningkatkan pelayanan jasa pencarian dan pertolongan maka Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) melakukan siaga SAR khusus dengan menempatkan personilnya di beberapa titik yang menjadi konsentrasi massa di seluruh Indonesia.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta sebagai unit pelaksana teknis dari BASARNAS melaksanakan apel gelar pasukan sebagai kesiapsiagaan personil jelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang dilaksanakan pada rabu (18/12) sekitar pukul 08.00 WIB pagi tadi. Apel Kesiapasiagaan ini langsung dipimpin oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Hendra Sudirman, S.E., M.Si., bertempat di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta di Jalan Marsekal Suryadharma no. 115 Neglasari, Kota Tangerang.

Pada kesempatan tersebut, Hendra menyampaikan amanat yang disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, beliau menyampaikan bahwa tujuan dari Siaga SAR Khusus ini adalah demi terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait melalui pemantauan jalur mudik angkutan Natal dan Tahun Baru serta pemantauan kawasan wisata yang menjadi konsentrasi massa secara profesional, sinergi, dan militan. “Ada 7 titik yang akan ditempatkan oleh personil rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dalam siaga khusus Nataru tahun ini kemudian personil nanti akan ada yang mobile untuk melakukan pemantauan di wilayah jabodetabek sebagai antisipasi terhadap hal yang akan terjadi. ” tegas Hendra Sudirman, S.E., M.Si., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta akan menempatkan kurang lebih 65 personil dalam siaga Nataru tahun ini di beberapa titik wilayah kerjanya seperti Bandara Internasional Soekarno Hatta (Tangerang), Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta Utara), Pelabuhan Kali Adem (Jakarta Utara), Kawasan Wisata Kepulauan Seribu (Jakarta), Jalur Tol Cikarang Utama, dan terakhir adalah Kawasan Wisata Pelabuhan Ratu (Sukabumi).

Dalam siaga Nataru tahun ini personil rescue juga akan dilengkapi dengan alat utama dan sarana pendukung yang dimiliki Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta seperti Rescue Carrier, Rescue Car, Rescue Truck, Truck Personil, Kapal Negara (KN) SAR 246 Karna, Rigid Inflatable Boat (RIB), Rescue Boat (RB) 410, Jetski, Peralatan Medis, Peralatan Selam, Peralatan Ekstrikasi, dan Peralatan Urban SAR.

Pada akhir amanatnya beliau juga berpesan kepada seluruh personil agar tetap semangat, jaga kesehatan, dan selalu ingat bahwa tugasnya penuh dengan syarat nilai-nilai kemanusiaan kemudian meyakini bahwa Tuhan yang Maha Kuasa akan mencatatnya sebagai amal ibadah. ( Humas /*).

%d blogger menyukai ini: