Sen. Jun 17th, 2019
Advertisements

MENYELAM KEMAMPUAN DASAR PRAJURIT MATRA LAUT

Jakarta, 27 Maret 2019 —— 50 Prajurit Satlinlamil Surabaya mengikuti latihan selam dasar di Kolam DBAL Koarmada II, Surabaya, Selasa (26/3).


Latihan selam dasar ini merupakan latihan operasi matra laut triwulan I tahun 2019 Satlinlamil Surabaya setingkat P1/P2. Dalam perintah latihan Pangkolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. menyatakan bahwa tujuan dilaksanakan latihan ini adalah untuk memelihara, meningkatkan dan menguji kemampuan prajurit perorangan guna mencapai kemampuan standar prajurit dalam melaksanakan selam dasar.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai meliputi sasaran kuantitatif diarahkan pada seluruh prajurit Satlinlamil Surabaya sesuai dengan sasaran pembinaan yang diproyeksikan dalam pembinaan kekuatan Satuan; dan sasaran kualitatif, tercapai dan terpeliharanya kemampuan standard prajurit Satlinlamil Surabaya dalam melaksanakan selam dasar.

Lebih lanjut Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto saat membuka latihan mengatakan bahwa Selam dasar adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit Satlinlamil Surabaya dalam menyelam. Kemampuan menyelam merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki prajurit TNI AL, khusus bagi prajurit yang berdinas di KRI guna menghadapi situasi normal seperti pengecekan rutin bangunan kapal bawah air termasuk kemudi, propeler dan peralatan navigasi ataupun dalam situasi darurat seperti kebocoran.


Latihan yang didukung oleh tim pelatih Dislambair Koarmada II ini diselenggarakan mulai tgl 19 – 26 Maret dengan metode klasikal dan praktek. Kegiatan Klasikal diisi dengan pembekalan dan ceramah materi-materi latihan meliputi pengetahuan selam dasar; pengetahuan peralatan selam dan penggunaannya; dan P3K khususnya akibat penyelaman/ tenggelam di Mako Satlinlamil Surabaya, sedangkan praktek meliputi kegiatan mengambang di air (water trapen); renang laut; dan menyelam scuba dilaksanakan di kolam DBAL Koarmada II, Ujung, Surabaya. Dalam kesempatan penutupan latihan Dansatlinlamil Surabaya mengatakan rasa syukur dan bangga atas pelaksanaan latihan yang dilaksanakan, karena dapat berjalan aman dan lancar sesuai rencana.

(Dispen Kolinlamil).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: