Kam. Mei 23rd, 2019
Advertisements

Tingkatkan Semangat Bela Negara, Dispotmar Koarmada I Gelar Komunikasi Sosial TNI TA 2019 Di Buperta Cibubur

Jakarta, 13 Februari 2019,– Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Koarmada I menggelar Komunikasi Sosial TNI TA 2019 dengan tema “Melalui Kegiatan Komunikasi Sosial TNI Kita Pelihara Kemanunggalan Dengan Rakyat Guna Meningkatkan Semangat Bela Negara”, bertempat di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (13/2).

Pangkoarmada I dalam sambutannya yang dibacakan oleh Aspotmar Koarmada I Kolonel Laut (P) Ivan Gatot Prijanto, S.E., menyampaikan bahwa Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar merupakan bangsa yang memiliki tingkat heterogenitas yang tingi dengan jumlah suku bangsa yang beragam, bermacam-macam agama, beraneka ragam budaya, adat istiadat dan bahasa. Keanekaragaman tersebut dapat membuat kehidupan bangsa yang rukun, bersatu serta saling menghormati. Disisi lain dengan adanya pengaruh era globalisasi, wawasan kebangsaan Indonesia juga mengalami ujian yang cukup berat.

Nilai-nilai kebangsaan yang mempersatukan perbedaan seakan-akan telah surut dan mendorong lahirnya sebuah kesadaran yang sempit dan jauh dari rasa kebangaan. Paham tentang sebuah bangsa ini kini telah bergeser menjadi kesadaran etnis yang sempit yang dapat merongrong kewibawaan bangsa. Semangat kebangsaan yang berhasil mempersatukan segala macam perbedaan menjadi rapuh oleh tuntutan dan perkembangan jaman yang berkembang begitu cepat.

Penurunan wawasan kebangsaan ini perlu direspon agar tidak berkembang menjadi kekuatan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. “Untuk mengeliminasi dan mencegah terjadinya ancaman disintegrasi antar komponen bangsa tersebut dibutuhkan adanya suatu ketahanan sosial yang kokoh dan kuat yang harus dimiliki oleh setiap anak bangsa demi keikutsertaannya dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara, sehingga perlu dilakukan kegiatan Komunikasi Sosial TNI secara konsisten dan simultan yang merupakan salah satu pembinaan teritorial yang paling sederhana, paling tepat dan sangat efektif dalam mencari solusi pemecahan permasalahan di wilayah yang dikoordinasikan dan disinergikan antara Satkowil TNI dengan pemerintah, instansi terkait dan komponen bangsa lainnya dalam emnjaga stabilitas nasional dengan membangun karakter bangsa,” ujar Pangkoarmada I.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Komunikasi Sosial TNI dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan antara TNI dengan segenap komponen bangsa guna kepentingan pertahanan dan keamanan negara yang harus dijaga dengan cara membangun karakter bangsa.

Adapun sasaran kegiatan Komunikasi Sosial TNI adalah terwujudnya komunikasi yang baik antara TNI dengan aparat pemerintah dan komponen bangsa, tercapainya pemahaman seluruh komponen bangsa tentang tugas pokok TNI sehingga masyarakat dapat mendukung tugas pokok TNI, terbentuknya kesadaran pola pikir dan pola sikap serta pola tindak masyarakat kearah yang lebih baik dan konstruktif untuk kepentingan bangsa dan negara agar lebih cinta kepada TNI, tercapainya pemahaman komponen masyarakat tentang perlunya mewaspadai bahaya berita bohong (hoax) yang beredar didunia maya dan perlunya menyiapkan menghadapi konsep revolusi industri 4.0 bagi generasi muda serta mewaspadai bahaya paham komunisme, terwujudnya penguatan Kemanunggalan TNI dan Rakyat yang lebih kuat.

Kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat, Pramuka Saka Bahari wilayah Jakarta Timur, Remaja Masjid Kelurahan Cibubur, Remaja Karang Taruna Kelurahan Cibubur. ( Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: