Ming. Feb 17th, 2019

Wakil Bupati Pasaman, H. Atos Pratama membuka secara resmi Acara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional

PASAMAN — Wakil Bupati Pasaman, H. Atos Pratama membuka secara resmi Acara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) sekolah dasar dan sekolah menengah pertama tingkat Kabupaten Pasaman, bertempat di Gelora Tuanku Imam Bonjol Lubuksikaping, Selasa (27/03/2018).

Dalam pembukaan tersebut turut hadir Ketua DPRD Pasaman, Forkopinda, staf ahli bupati, asisten, kepala OPD, Camat, Kepala UPTD se Pasaman, walinagari, kepala SD dan SMP, TP PKK, GOW, Ketua Koni, pelatih, official, atlit kontingen O2SN dan undangan lainnya.

Kata Wakil Bupati, dalam Undang undang No 3 tahun 2005 tentang, sistem keolahragaan nasional Bab V Pasal 13 ayat 2 dinyatakan “Pemerintah daerah mempunyai kewenangan untuk mengatur membina dan mengembangkan dan melaksanakan dan mengawasi penyelenggaraan keolahragaan di daerah.

Tujuan dilaksanakan O2SN ini kata Wakil Bupati, untuk memfasilitasi dan memotifasi para siswa yang mempunyai bakat di cabang olahraga, sehingga para siswa dapat meningkatkan keahlian dan kemampuan mereka sesuai dengan bidang yang dimiliki.

“Kegiatan ini juga sekaligus dalam upaya pembentukan sikap, mental sportifitas, kejujuran dan rasa solidaritas yang tinggi antar sesama siswa yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan mutu pendidikan,” ujar Atos Pratama.

Disamping itu, lewat O2SN ini anak-anak atlet yang berlaga sebagai duta olahraga kecamatannya masing-masing, belajar untuk memikul tanggung jawab dengan menjunjung tinggi sportifitas untuk meraih kemenangan.

“Kemenangan yang akan dicapai tidak dilakukan dengan menghalalkan segala cara. Karena itu semangat sportifitas harus mewarnai arena pertandingan dan irama permainan,” kata Wakil Bupati.

Wabup menegaskan, khusus bagi pembina dan pelatih cabang olahraga, O2SN ini merupakan ajang/perlombaan terbaik bagi siswa SD dan SLTP se Kabupaten Pasaman, diharapkan dapat menjadi pemandu bakat atau pemantauan terhadap bibit-bibit olahraga berbakat.

“Selamat bertanding, mari kita tanamkan semangat sportifitas yang tinggi dan Fair Play serta semangat pantang menyerah dalam pertandingan atau perlombaan,” tandasnya.

Ketua Pelaksana O2SN Kabupaten Pasaman, Ricky Riswandi, menyebutkan, tujuan digelarnya O2SN ini dalam rangka  meningkatkan pembinaan 11 cabang olahraga.

Selanjutnya, menjaring atau menyeleksi atlet-atlet berbakat untuk selanjutnya dipersiapkan pada pertandingan O2SN SD dan SMP tingkat Sumbar. Serta meningkatkan skill dan keahlian mereka sesuai dengan bidang yang dimiliki.

Sebanyak 453 siswa SD dan SMP yang berasal dari SD/MI, SMP/MTs Negeri dan swasta ditambah 309 official dari 12 kecamatan di Kabupaten Pasaman akan berkompetisi di 11 cabang olahraga pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kabupaten Pasaman Tahun 2018.

Kata Ricky, pertandingan O2SN ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 27 hingga 29 Maret 2018 nanti. Sedangkan tempat pelaksanaan kegiatan dipusatkan  di Gelora Tuanku Imam Bonjol Lubuksikaping dan tempat lainnya.(lsn/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: